Dua Sukhoi TNI AU, Usir Pesawat India Yang Terobos Wilayah NKRI

TNI Angkatan Udara (AU) mengusir pesawat komersial Indigo yang melintas di atas wilayah Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (31/10/2018) pukul 13.15 WIB.

Pesawat komersial asing asal India itu diusir TNI dengan pesawat tempur Sukhoi Su-27 TS-2705 dan Sukhoi Su-30 TS-3010.

“Dua pesawat Sukhoi kita berhasil melakukan pencegatan dan pengusiran terhadap pesawat Airbus A-320 registrasi V8-RBT yang memasuki wilayah udara Nasional tanpa izin,” kata Komandan Lanud Raja Haji Fisabililah Kepri, Kolonel PNB M Dadan Gunawan, Rabu (31/10/2018) sore.

Dia menjelaskan pesawat komersil tersebut masuk tanpa izin/FC tepatnya di sebelah Timur dari Tanjung Pinang pada ketinggian 35 ribu feet.

“Hanya diusir, istilahnya intercept dari wilayah udara NKRI,” tutupnya.

Selama hampir sepekan ini, wilayah udara Kepri akan dijaga langsung oleh tiga pesawat tempur jenis Sukhoi, satu helikopter dan satu Hercules. Keberadaan armada tempur TNI AU ini dalam rangka Operasi Pertahanan Udara yang disebut Operasi Kilat Petir selama hampir sepekan yakni sejak tanggal 29 Oktober kemarin hingga 2 November mendatang.


Armada tempur milik TNI AU ini stand by di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Di sana, terdapat satu unit Sukhoi Su-27 TS-2705 dan dSukhoi Su-30 TS-3010. Sementara helikopter yang ikut dalam Operasi ini adalah EC725 Caracal, dan satu pesawat C-130 Hercules.

Tiga pesawat tempur Sukhoi tersebut dikomandoi oleh Komandan Skadron Udara 11 Pesawat Tempur Sukhoi, Letkol PNB Anton Pallaguna.

Baca Juga:  Sejarah Korps Marinir TNI AL

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan