Dua Unit Jatuh, Panglima TNI Perintahkan Pesawat T-50i Untuk Digrounded Dulu

Menyusul jatuhnya pesawat latih tempur T50i Golden Eagle, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan, TNI Angkatan Udara telah menghentikan (grounded) sementara operasional seluruh pesawat tempur latih T-50i Golden Eagle. Hingga selesainya penyelidikan kasus jatuhnya Golden Eagle di Blora, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

“Angkatan Udara sudah untuk sementara meng-grounding semua pesawat T-50 dulu, sampai penyelidikan benar-benar tuntas,” kata Andika di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Jumat (22/7/2022).

Ini adalah pesawat T-50i kedua milik TNI AU yang jatuh di Jogja. Sebelumnya pada 2015, pesawat yang tergolong masih kinyis-kinyis baru itu juga jatuh dan dua awaknya gugur dalam insiden tersebut.

Namun panglima TNI memprediksi bahwa penyebab jatuhnya kedua pesawat itu berbeda. Pada 2015, T-50i jatuh ketika melaksanakan pameran dirgantara. Pesawat bernomor ekor TT-5007 terjatuh di area persawahan.

Jenderal Andika menduga adanya berbagai faktor penyebab jatuhnya Golden Eagle di Blora.

“Jadi penyebab ini kan kemungkinanya ada human error, kemudian ada juga aircraft-nya, ada juga manajemen, dan ada juga media, atau weather atau cuaca, ini yang sedang kami teliti,” terang Andika.

Baca Juga:  Presiden Perlu Mengevaluasi Total Sektor Pertahanan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan