Dubes Amerika Serikat Sambangi Militer Indonesia di Natuna

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr menyatakan, saat melakukan kunjungan ke Natuna, Kepulauan Riau, dia sempat mengunjungi basis militer Indonesia disana.

Donovan, yang berbicara saat melakukan konferensi pers dengan awak media di Bandara Halim Perdanakusuma, menuturkan, dia sangat terhormat diberi kesempatan untuk dapat mengunjungi basis militer Indonesia yang berada di Natuna.

“Saya percaya, kami sudah memiliki hubungan yang kuat dan hubungan yang baik dengan militer Indonesia, dengan TNI. Namun, saya juga sangat senang sekali, sangat terhormat, saya bisa berkunjung ke pangkalan Angkatan Laut dan Angkatan Udara Indonesia,” ucap Donovan pada Jumat (9/11).

Diplomat senior AS itu kemudian menyatakan, dia percaya bahwa Natuna memiliki peran yang sangat penting dan juga sangat unik bagi Indonesia dan ini adalah salah satu alasan kenapa dia berkunjung ke kawasan itu.

Sementara itu, ketika disinggung apakah dia turut membahas mengenai masalah Laut China Selatan saat bertemu dengan sejumlah pejabat di Indonesia, Donovan menuturkan dia membahasnya, tapi hanya secara umum. Namun, dia menegaskan posisi AS mengenai Laut China Selatan tidak pernah berubah.


“Untuk Laut China Selatan, sikap kami belum berubah, kami mendukung resolusi damai melalui hukum internasional untuk bisa mencapai bagi kedua belah pihak dan Indonesia juga bukan merupakan bagian dari konflik tersebut, namun saya lihat ASEAN dan China harus bisa mencapai,” tukasnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Ajak Prajurit Jaga Kepercayaan Rakyat

Dubes AS untuk Pertama Kali Lakukan Kunjungan ke Natuna

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr menuturkan, dia baru saja kembali dari melakukan kunjungan kerja ke Natuna, Kepulauan Riau. Donovan adalah dubes AS pertama yang mengunjungi salah satu pulau terluar Indonesia itu.

Berbicara saat melakukan konferensi pers dengan awak media di Bandara Halim Perdanakusuma, Donovan menuturkan, kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat hubungan antara AS dan Indonesia, khususnya dengan pemerintah Natuna dalam berbagai bidang.


“Tujuan untuk mengeksplorasi cara-cara untuk meningkatkan hubungan antara AS dengan Batuna dalam konteks kemitraan strategis yang kami miliki dengan Indonesia,” ucap Donovan pada Jumat (9/11).

“Selama kunjungan, saya bertemu dengan Bupati Hamid, pelajar SMA Bunguran Timur, kantor Angkatan Laut dan Angkatan Udara, para pengusaha setempat dan saya juga bertemu dgn Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti,” sambungnya.

Diplomat senior AS itu kemudian mengatakan, kunjunganya ke Natuna juga untuk menunjukan komitmen AS memgenai kawasan Indo-Pasifik yang terbuka.

“Kunjungan ini adalah contoh yang baik dari komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Di mana perusahaan AS dan Indonesia bisa sukses, masyarakat lokal bisa maju dan kemitraan bilateral bisa tumbuh,” tukasnya.

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

Tinggalkan Balasan