Embraer Brazil Tawarkan Super Tucano ke Negara Eropa

Embraer ingin mendapatkan pelanggan Eropa pertamanya untuk pesawat serang ringan turboprop EMB-314/A-29 Super Tucano, kata seorang pejabat perusahaan Embraer pada 7 Juni.

Berbicara pada konferensi SMi Close Air Support (CAS) di London, wakil presiden Embraer untuk penjualan di Eropa dan Afrika Utara, Simon Johns, mengatakan bahwa Super Tucano dapat memberikan Eropa senjata udara dengan alternatif biaya rendah dibandingkan jet dan helikopter bagi banyak dari misi mereka.

Embraer juga mengatakan bahwa negara-negara seperti Ukraina yang kekurangan dana untuk pesawat tempur multirole baru, akan mendapati Super Tucano sebagai opsi terjangkau yang akan menambah kekuatan tempur yang cukup besar. Selain itu, kemampuan Super Tucano untuk beroperasi di dekat garis depan membuatnya cukup lincah dan fleksibel untuk merespon ancaman secara tepat waktu.


Sebagai bagian dari promosinya ke Eropa, Embraer menawarkan beberapa peningkatan dibanding pesawat baseline. Sebagaimana disampaikan oleh Johns, perubahan itu “termasuk integrasi senjata anti-tank khusus, seperti rudal Hellfire Lockheed Martin [AGM-114], yang sudah ada dalam road map pesawat Super Tucano, serta roket berpemandu laser.

“Ada skenario di mana Super Tucano, yang beroperasi di medan tempur dengan sistem pertahanan udara lawan yang ringan atau semi-terdegradasi, dapat melakukan misi anti tank yang sebagian besar biasanya diserahkan kepada helikopter tempur sampai sekarang.”

Untuk dapat melakukan misi ini, Super Tucano sekarang dilengkapi dengan radar warning receiver and missile approach warning system, dalam pengembangannya untuk lingkungan ancaman yang lebih tinggi diwilayah Eropa.

Baca Juga:  Dua Prajurit Malaysia Hilang di Pulau Terpencil Saat Berjaga 

Sumber: janes.com, TSM by Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan