Empat Pesawat Tempur F16 Hibah Dari Amerika Tiba di Lanud Iswahjudi

Empat pesawat tempur F16 bantuan Amerika Serikat tiba di Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Selasa (12/12/2017) siang. Empat pesawat tempur F-16 jenis C itu tiba setelah terbang dari Amerika Serikat sejak Senin (11/12/2017).
“Empat pesawat yang datang merupakan bagian dari 24 pesawat hibah AS,” ujar Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal di sela-sela penerimaan empat pesawat tempur bantuan, Selasa (12/12/2017).

“Semestinya ada enam pesawat yang tiba. Namun lantaran ada permasalahan mesin saat mendarat di Hawai, maka dua pesawat harus menunggu perbaikan dulu,” tambahnya.

Hadirnya empat pesawat itu menambah pesawat tempur F16 bantuan Amerika Serikat di TNI AU menjadi 22 unit.

mpat pesawat itu diterbangkan empat pilot dari Amerika menuju Hawai, Ghuam selanjutnya tiba di Lanud Iswahjudi. Sementara dua sisa pesawat tempur F16 lainnya akan diterbangkan ke Indonesia setelah selesai diperbaiki.

“Sisanya dua pesawat masih menunggu konfirmasi dari Hawai terkait perbaikan apa yang diperlukan sehingga pesawat siap diterbangkan,” ujar Samsul.

Untuk penempatannya, sambung Samsul, pesawat F16 bantuan AS akan dibagi dua untuk Skadron 16 di Pekanbaru dan Skadron 3 di Lanud Iswahjudi.

Samsul menambahkan, pesawat tempur F16 bantuan AS bertipe C dan D. Kemampuan avioniknya dan persenjataan yang lebih baik dari pesawat sebelumnya tipe A dan B.

Baca Juga:  TNI AL Laksanakan Uji Coba Kelaikan Hyperbaric Chamber Low Magnetic

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan