Enzo Taruna Akmil TNI Keturunan Perancis Yang Ingin Jadi Kopassus

Sebuah video perbincangan Panglima TNI dengan seorang taruna Akmil TNI keturunan Prancis bernama Enzo viral di media sosial. Keduanya tampak berbincang dalam bahasa Prancis.

Video tersebut direkam saat sidang pemantauan akhir (pantukhir) terpusat di Akademi Militer, Magelang, pada Jumat (2/8/2019).

Dalam media online, TNI AD menyebut pria bernama lengkap Enzo Zenz Allie itu adalah anak dari warga Prancis bernama Jean Paul Francois Allie dan warga Indonesia bernama Siti Hajah Tilaria. Ayah Enzo sudah meninggal pada 2012.

Masa kecil Enzo dihabiskan di Prancis. Dia mulai sekolah di Indonesia sejak SMP dan sempat mengikuti pendidikan pesantren di Serang.


Saat tes Samapta, Enzo mampu lari 3.000 meter dalam 12 menit. Dia juga bisa pull up 19 kali, sit up 50 kali, dan push up 50 kali masing-masing dalam 60 detik. Renang 50 meter bisa ditempuh Enzo dalam waktu 1 menit.

Sidang pantukhir yang diikuti Enzo pekan lalu dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Enzo memperkenalkan dia dalam bahasa Prancis dan Panglima TNI balas bertanya dengan bahasa Prancis yang fasih. Di sela perbincangan itu, Panglima TNI bertanya Enzo mau jadi apa. Ternyata Enzo ingin menjadi anggota Kopassus.

Baca Juga:  Delapan Ancaman Negara Nirmiliter Menurut Menteri Pertahanan

“Kamu pingin jadi apa?” tanya Marsekal Hadi.

“Siap infanteri komando,” jawab Enzo.

Enzo dinyatakan lulus menjadi taruna Akmil Magelang oleh Panglima TNI. Bersama rekan satu angkatannya, Enzo akan mengikuti pendidikan Candradimuka mulai 6 Agustus sampai 30 Oktober 2019. Enzo menguasai empat bahasa asing yakni Bahasa Inggris, Prancis, Itali dan Arab.

Di akhir video tersebut, Enzo mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI. “Indonesia, Merah Putih tetap di dada,” kata Enzo didampingi keluarganya.


Sumber: detiknews.com, sindonews.com, Youtune TNI AD

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan