F-15 dan F-16 Singapura Berlatih Terbang dan Mendarat dari Jalan Raya

F-15SG tak off jalan raya yang diubah jadi runway. Foto: channelnewsasia

he success of the Republic of Singapore Air Force’s (RSAF) latest alternate runway exercise gives Singapore “a lot of confidence that we will be able to protect our skies under all conditions,” said Defence Minister Ng Eng Hen on Sunday (Nov 13).

Republic of Singapore Air Forces (RSAF) AU-nya Singapora melakukan latihan dengan menjadikan jalan raya sebagai runway untuk take off dan landing pesawat F-15SG.

“Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan kami dalam melindungi wilayah udara Singapura dalam berbagai kondisi,” kata Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen pada senin 13/11/2016.


Latihan ini diberi nama “Exercise Torrent” yang menjadikan jalan raya Lim Chu Kang sepanjang 2,5KM dijadikan runway darurat.

Total ada 12 Jet tempur yang terlibat dalam latihan termasuk andalan Singapura F-15SG, yang melakukan debutnya. “Singpura adalah negara kecil, kami harus melindungi wilayah udara kami dan latihan ini untuk meningkatkan kemampuan kami. Hari ada 12 jet tempur termasuk 2 yang baru yaitu F-16s dan F15s yang untuk kali pertama mendarat di Lim Chu Kang Road. Latihan ini menunjukkan kemampuan kami merubah highway menjadi landasan udara,” kata Dr. Ng

F-16 mendarat di jalan raya yang diubah jadi runway. Foto: channelnewsasia
F-16 mendarat di jalan raya yang diubah jadi runway. Foto: channelnewsasia

Total ada 1.000 pasukan RSAF yang terlibat. Ini adalah Exercise Torrent ke-7 yang pernah dihelat, tapi yang terakhir kali dilaksanakan tahun 2008.


Dibutuhkan waktu persiapan 48 jam untuk mengkonvversi jalan raya menjadi runway. Lusinan jalan dialihkan arusnya, 153 lampu penerang jalan dicopot, 14 lampu pengatur jalan dan 12 terminal bus.

Baca Juga:  China Sedang Mengembangkan Pesawat Pembom Siluman Strategis

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan