F-16 Hanya Akan Diproduksi di Amerika Serikat, Kontrak India Terancam Batal

Pernyataan mengejutkan dilansir Rick Groesch, wakil presiden regional Lockheed, bahwa pesawat F-16 di masa mendatang hanya akan diproduksi di Amerika Serikat.

Pernyataan ini sekaligus bakal mengakhiri pembuatan F-16 di luar negeri tersebut menyiratkan akhir dari lisensi pembangunan pesawat di luar negeri.

Lockheed Martin di masa lalu telah merakit F-16 di Turki, Belgia, Korea Selatan dan Belanda. Namun pemerintahan Donald Trump menjanjikan ketersedian lapangan pekerjaan di Amerika, perusahaan-perusahaan AS harus menyusun ulang strategi ekspor mereka.


Perubahan kebijakan ini jadi tanda tanya besar atas Lockheed Martin dan juga Boeing untuk memproduksi F-16 dan pesawat F / A-18 di India di bawah program ‘Make in India’. Kedua perusahaan berada pada jalur pembicaraan untuk memproduksi F-16 dan F / A-18 di India untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara India serta untuk ekspor mereka dari India.


Lockheed menawarkan diri untuk menggeser pabrik F-16-nya ke India sedang pabrik di Amerika Serikat digunakan memenuhi permintaan F-35, sementara Boeing menawarkan pembangunan pabrik modern di India untuk memperoleh pesanan sekitar 100 pesawat.

Lockheed Martin juga mengincar program upgrade F-16 dengan pelanggan Timur Tengah seperti UEA dan Mesir selain menyelesaikan pasokan 5-6 pesawat dari 30 pesawat yang dipesan Irak.

Baca Juga:  Rusia Borong 10 Pesawat Pembom Tu-160M2 Supersonik

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan