F-16 Phoenix Rising Tiba di Taiwan

Pesawat tempur F-16 block A/B milik Angkatan Udara Taiwan yang menjalani program upgrade Phoenix Rising agar setara dengan F-16 Viper akhirnya tiba di pangkalan udara Chiayi di Taiwan.

Jet tempur F-16A yang kini sudah jadi F-16V itu memiliki nomor seri 6626 dan merupakan F-16V pertama yang diupgrade langsung oleh perusahaan Lockheed Martin.

F-16V ini merupakan pesawat tempur contoh pertama yang akan diuji lebih lanjut, dan kemudian akan dijadikan pola upgrade untuk yang berikutnya. 3 jet tempur F-16 lainnya dikabarkan akan dikirimkan dari Amerika Serikat ke Taiwan pada akhir tahun.


Taiwan sendiri memiliki sekitar 139 unit F-16A/B yang akan dinaikkan kemampuannya ke standar F-16V Phoenix Rising. Sebanyak 20-24 jet tempur akan dimodifikasi dan dikerjakan secara lokal oleh pabrikan AIDC, sehingga pada 2022 program tersebut bisa diselesaikan.


Satu hal yang patut dicatat, walaupun F-16V yang dikirimkan tersebut sudah dikelir warna baru, namun pada akhirnya F-16V ini akan dilabur dengan warna yang sama seperti F-16A/B lain di skadron yang ada di pangkalan Chiayi dan Hualien, supaya tidak bisa ditebak mana F-16 yang sudah menjalani peningkatan kemampuan.

Sumber: UC News / Aryo Nugroho

Baca Juga:  Tentara Amerika Rekam Markas ISIS Dibombardir UFO

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan