F-22 Raptor Akan Dilabur Cat Anti Radar Terbaru

Pesawat generasi ke-5 andalan Amerika Serikat, F-22 Raptor akan mendapat Cat pelapis anti radar terbaru. Pelapisan cat baru dilakukan karena cat lama sudah luntur dan berkurang efektifitasnya lagi.

Produsen Locheed Martin akan mengganti lapisan lama dengan cat pelapis anti radar baru yang lebih canggih yang membuatnya semakin tidak terdeteksi radar. Selain menggunakan bentuk desain yang khas, F-22 juga menggunakan cat anti radar yang membuatnya semakin sulit dideteksi radar. Dari penampang depan, F-22 hanya terdeteksi sebagai benda yang berukuran sebesar kelereng.

Produsen Locheed Martin akan menggunakan fasilitas Inlet Coating Repair (ICR) Speedline yang baru selesai dibangun, fasilitas Speedline memiliki kemampuan mengganti dan merombak lapisan cat anti radar pesawat tempur siluman dengan pelapis rahasia baru yang lebih kuat dan canggih mengaburkan pantulan radar.


Selain itu Speedline juga dilengkapi fasilitas analytical condition inspections, radar cross section turntable support dan antenna calibration untuk F-22.


Menjaga pesawat tempur F-22 selalu dalam kondisi puncak sangat penting bagi AS untuk menjaga keunggulan superioritas udara dari pesaing-pesaingnya. Saat ini lini produksi F-22 sudah dihentikan, dan 188 unit F-22 yang sudah dihasilkan menjadi armada tempur utama di garis depan hingga 20 tahun kedepan, bahkan mungkin hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga:  India Pilih Globemaster III Untuk Gantikan Pesawat Angkut Buatan Rusia Ilyushin il-76/il-78

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan