F-22 Raptor Mogok Di Korea Selatan

Jet Siluman F-22 Raptor, pesawat tempur yang diklaim paling canggih saat ini dengan teknologi generasi ke-5 mengalami insiden memalukan mogok di landasan pacu saat mengikuti latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan.
Amerika Serikat mengirimkan puluhan jet tempur siluman F-22 dan F-35 langsung ke Korea Selatan

Dalam latihan bersama bersandi Vigilant ACE (Air Combat Exercise) tersebut, AS mengirim 5 F-22 Raptor dan belasan F-35 lighting. Latihan sendiri dimaksudkan menggentarkan korea utara.

Simulasi latihan sendiri diutamakan pada serangan udara, mulai dari take-off massal ratusan pesawat terbang, formasi serangan kilat, pengawalan bomber, hingga dog fight.

Total ada lebih dari 230 pesawat tempur Korea Selatan dan pesawat tempur AS terbang selama latihan berlangsung.

Namun ada insiden memalukan dalam latihan tersebut. Saat sebuah F-22 Raptor mogok ketika baru saja mendarat di pagi hari di pangkalan udara Gwangju, 200 kilometer dari Seoul.


F-22 tersebut mogok begitu saja di tengah-tengah landas pacu sehingga mengganggu tempo operasi yang sedang tinggi-tingginya. Pilotnya tak berdaya dan serba salah, tidak bisa turun tetapi pesawatnya juga tidak mau bergerak. Akhirnya, F-22 Raptor tersebut terpaksa diderek masuk ke dalam hangar.

AU AS sendiri, dikutip dari Stripes (5/12) menyanggah bahwa F-22 tersebut mengalami masalah. Juru bicara AU AS mengatakan bahwa langkah penderekan pesawat tersebut ke hangar hanyalah sekedar antisipasi saja, dan F-22 yang diaku bermasalah tersebut tidak mengalami kerusakan atau kegagalan apapun.

Baca Juga:  6 Negara Yang Tidak Memiliki Tentara Militer

Korea Utara mengamuk dan mengutuk latihan Vigilant ACE 2018 tersebut habis-habisan, yang selalu menganggap latihan militer itu adalah gladi bersih untuk suatu invasi. AS dan Korea Selatan sendiri menyanggah bahwa latihan tersebut adalah persiapan perang dan menyatakan bahwa sifat dari latihan gabungan adalah semata untuk pertahanan saja.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan