F-35A AU AS Mendarat di Lakenheath, Pangkalan AU Inggris

Sebuah skuadron F-35A Lightning II Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mendarat di Eropa. Pesawat generasi terbaru AS itu mendarat di pangkalan udara milik Angkatan Udara Inggris di Lakenheath, kemarin.

Pesawat ini dikerahkan ke Eropa untuk terlibat dalam latihan gabungan NATO yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Latihan gabungan ini ditujukan untuk menghalau ancaman yang datang ke Eropa, khususnya dari Rusia.

“Kehadiran F-35 mendukung prioritas saya untuk memiliki pasukan siap dan sudah ditempatkan di sini, di Eropa,” kata komandan AS untuk NATO, Curtis M. Scaparrotti dalam sebuah pernyataan resmi.


“Pesawat ini, didukung para kru pria dan wanita yang mengoperasikannya, membentengi kapasitas dan kemampuan dari aliansi NATO,” sambungnya, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (16/4).

Sementara itu, kepala pangkalan udara Lakenheath, Jenderal Tod D. Wolters menuturkan, kedatangan pesawat ini sangat krusial bagi Eropa, khususnya NATO. Adanya pesawat ini, lanjut Wolters, bisa memperkuat kekuatan NATO dalam mempertahankan kedaulatan negara-negara anggotanya.

Pengerahan ini sendiri menandai pertama kalinya F-35A membuat penampilan di Eropa, meskipun beberapa negara sudah menggunakan mereka sebagai bagian dari armada udara mereka.


sumber : sindonews.com

Baca Juga:  Yordania Tertarik Produk Senjata Strategis Indonesia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan