Feeltact Gelang Sistem Komunikasi Tanpa Suara

Sebuah perusahaan Perancis Novitact, mengenalkan gelang Feeltact, gelang ini memungkinkan komunikasi antara prajurit tanpa berbicara. Dengan Feeltact, para prajurit bisa berkomunikasi melalui getaran tanpa bicara, menulis atau membaca. 

Gelang ini telah dipamerkan pada Seminar Special Operations Forces Innovation Network (SOFIN) pada 28-30 Maret lalu

Produsenya mengklaim bahwa Feeltact menggunakan teknologi revolusioner dipatenkan. Dengan gelang ini sebuah kelompok bisa berkomunikasi dengan  hening tanpa berisik, dalam situasi apapun, pada jarak yang tidak terbatas.


Gelang ini berkomunikasi melalui transmisi hingga empat pesan yang berbeda dengan hanya menekan tombol. Si penerima pesan akan mendapat getaran di sekitar pergelangan tangan. Seperti kode morse. 

Penggunanya (kelompok serbu, agen yang menyamar, pasukan khusus, dll) secara intuitif dapat membuat kosa kata sentuh mereka sendiri dan berkomunikasi secara diam-diam dan sederhana.
Selain getaran, gelang ini juga dapat menggunakan kode warna. Misalkan hijau untuk serbu dan putih untuk kabur.
Feeltact bisa juga dihubungkan ke Smartphone untuk membuat komunikasi penggunanya sendiri dengan aplikasi mobile Feeltact. Sebuah server komunikasi yang aman dapat digunakan mengelola pertukaran pesan.

Karena digunaka untuk prajurit di medan tempur. Gelang Feeltact dirancang untuk tahan goncangan, tahan air, debu dan benturan.

Gelang Feeltact juga mengakomodasi geo-location sebagai alat pemantauan untuk seseorang atau untuk mengidentifikasi posisinya. 

Untuk tenaga, menggunakan baterai dengan port micro-USB dengan kemampuan menyala selama 35 jam setelah 3 jam pengisian baterai.

Baca Juga:  Inggris Tes Sistem Rudal Land Ceptor Senilai 4,6 Triliun Rupiah

Gelang Feeltact memiliki berat 40 gram dan beragam ukuran.

Video : https://www.youtube.com/watch?v=0WsBYOfkVS4

Sumber : armyrecognition.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan