Filipina Beli 2 Pesawat Hercules Bekas Dari AS

Angkatan Udara Filipina (PAF) dilaporkan mendapat 2 pesawat angkut Lockheed C-130 “Hercules” bekas pakai dari Amerika Serikat untuk menambah armada lima pesawat yang digunakan untuk mengangkut persediaan medis dan personel yang ditugaskan untuk menangani pandemi penyakit coronavirus (Covid-19).

“Berdasarkan laporan status kami saat ini, salah satu dari C-130 diperkirakan akan tiba bulan ini (Juli) sementara yang lain akan tiba sebelum akhir tahun. Keduanya belum ada tanggal (kedatangan) yang spesifik,” kata jurubicara Departemen Pertahanan Nasional Filipina, Arsenio Andolong dalam sebuah pesan kepada Kantor Berita Filipina, Kamis (09/07).

Biaya akuisisi untuk dua C-130 tersebut adalah PHP2.5 miliar.

“Biaya sebesar PHP2,5 miliar. Pesawat (C-130) dibiayai bersama oleh Filipina (PHP1,6 miliar) dan AS melalui program FMF (Foreign Military Financing) sebesari PHP900 juta,” tambah Andolong.

Program FMF AS juga menyediakan hibah dan pinjaman untuk akuisisi peralatan, layanan, dan pelatihan di AS.

C-130 adalah pesawat angkut militer turboprop empat mesin yang dirancang dan dibangun awalnya oleh Lockheed, yang sekarang dikenal sebagai Lockheed Martin.

Mampu menggunakan landasan pacu yang tidak disiapkan secara khusus untuk lepas landas dan mendarat, C-130 pada dirancang sebagai pesawat angkut pasukan, evakuasi medis, dan angkut kargo.

Sumber : pna.gov.ph via FP TSM

Baca Juga:  Arab Saudi Borong 300 Pesawat Tanpa Awak Wing Loong II Dari China

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan