Filipina Beli 24 Helikopter Serang Buatan Turki

Turki dan Filipina pada 18 Desember menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk kerja sama pertahanan di ibukota Filipina, Manilla. Kesepakatan itu, yang mencakup potensi pesanan helikopter serang TAI T129, ditandatangani oleh Ismail Demir, kepala Badan Kepresidenan untuk Industri Pertahanan Turki (SSB), dan Delfin Lorenzana, Menteri Pertahanan Filipina.

Angkatan Udara Filipina semula berencana untuk membeli 24 helikopter serang di dalam lingkup Attack Helicopter Acquisition Project, tetapi jumlah tersebut dikurangi menjadi delapan hingga 10 karena permasalahan anggaran.

Kelompok kerja teknis Angkatan Udara Filipina sebelumnya telah memilih T129 ATAK dari Turkish Aerospace Industries untuk proyek helikopter penyerangnya.


Turki sebelumnya menandatangani perjanjian dengan Pakistan untuk penjualan 30 helikopter T129 ATAK.

T129 adalah helikopter tempur serang multirole yang dikembangkan untuk Angkatan Darat Turki. Helikopter ini adalah versi yang disempurnakan dari Agusta A129 Mangusta. Helikopter T129 dapat dipersenjatai dengan delapan rudal anti-tank dan rudal udara-ke-udara. Sebuah meriam tipe-Gatling tiga laras 20-mm tiga-barel dengan 500 butir amunisi dipasang di turret dibawah hidung.


Helikopter serang tersebut telah diserahkan ke Angkatan Bersenjata Turki (TSK) pada tahun 2014. Saat ini, 35 helikopter T129 ATAk dioperasikan oleh TSK dan Gendarmerie General Command (Jandarma) Turki.

Sumber : airrecognition.com/TSM Angga Saja

Baca Juga:  Deal, India Beli Rudal Barak 8 Dari Israel Senilai 11 Triliun Rupiah

1 Komentar

Tinggalkan Balasan