Filipina Beli Pertahanan Udara Spyder Israel

Menurut situs Mintfo, Filipina telah memilih SPYDER dari Israel sebagai sistem pertahanan udara berbasis darat (ground based air defense system – GBDAS) baru untuk angkatan bersenjatanya. SPYDER (Surface-to-air PYthon dan DERby) adalah sistem pertahanan udara bergerak jarak pendek dan menengah buatan Israel yang dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems berkolaborasi dengan IAI (Israel Aerospace Industries).

SPYDER (Surface-To-Air Python & DERBY) adalah sistem rudal permukaan-ke-udara ketinggian rendah reaksi cepat, yang dirancang untuk melawan serangan pesawatterbang, helikopter, UAV, dan amunisi presisi berpemandu. Sistem ini memberikan perlindungan efektif bagi aset berharga, serta pertahanan untuk pasukan yang berada di area pertempuran.

SPYDER menggunakan rudal udara-ke-udara RAFAEL yang paling canggih dan telah terbukti, rudal Derby active radar (RF) dan Python-5, rudal dual waveband Imaging Infra Red (IIR). Keluarga SPYDER mencakup sistem SPYDER-SR (Jarak Pendek) dan SPYDER-MR (Jarak Menengah).


Missile Firing Unit (MFU) yang dipasang di truk dilengkapi dengan kedua jenis rudal IIR dan RF. MFU membawa kombinasi apa pun (IIR/RF) dari rudal tersebut pada unit peluncur yang dapat diputar. Mobilitas tinggi sistem tersebut memungkinkan pengerahan yang cepat dan kelincahan operasional. SPYDER memiliki kemampuan engagement segala cuaca, 360°, siang dan malam. Sistem ini juga dapat melawan beberapa ancaman musuh secara bersamaan. Rudal ini memiliki mode operasi Lock-On-Before Launch (LOBL) dan Lock-On-After Launch (LOAL). Jangkauan intersep SPYDER berkisar dari kurang dari 1km hingga 15km terhadap sasaran yang terbang di ketinggian antara 20m dan 9.000m.

Baca Juga:  Desain Baru Pesawat Siluman Amerika Serikat Generasi Ke-6

Sumber : armyrecognition.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan