Filipina Dapat 2 Hibah Helikopter Cobra Dari Yordania

Filipina akan menerima dua helikopter serang Cobra dari Kerajaan Yordania, ungkap Presiden Filipina Rodrigo R. Duterte hari Selasa (22/05).

“Yordan memberi kami dua helikopter Cobra. Hal yang benar-benar kita tidak menduganya,” kata Duterte dalam pidatonya pada acara ulang tahun ke-120 Angkatan Laut Filipina.

Duterte tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang dua helikopter itu dan mengakui bahwa dia tidak tahu apakah dia seharusnya membuat pengumuman publik tentang hal itu.

“Saya tidak tahu apakah saya harus mengumumkannya kepada publik dan saya benar-benar tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah itu akan membuat Esperon senang atau tidak,” tambahnya, mengacu pada Penasihat Keamanan Nasional Hermogenes Esperon Jr.



Helikopter tersebut awalnya adalah milik Israel.

Meski bukan varian tercanggih dari keluarga Cobra, namun kehadiran real gunship sangat dibutuhkan untuk misi serang darat, terutama dalam menghadapi konflik di kawasan Mindanau Selatan.

Yordania sendiri diketahui mengoperasikan 27 unit AH-1 E/F Cobra, termasuk 16 unit AH-1F yang diperoleh dari Israel dalam bentuk hibah sebagai tanda persahabatan setelah penanda tanganan damai kedua negara.

Di ASEAN, Thailand telah memiliki 7 Helikopter Cobra.

Sumber : pna.gov.ph/TSM

Baca Juga:  Abaikan HAM, Amerika Jual 16 Unit F-16 Viper Ke Bahrain

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan