Filipina Incar Kapal Selam Scorpene Perancis

Tender kapal selam diesel elektrik AL Filipina nampaknya akan mendekati garis akhir pasalnya seperti diberitakan oleh PNA (4/12/2019) Menhan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan bahwa kapal selam Scorpene buatan Naval Group Prancis sangat cocok untuk kebutuhan operasional AL Filipina

“kapal selam Scorpene adalah kapal selam yang sangat baik, sesuai untuk kebutuhan kita. Saya sudah melihat sendiri kemampuan kapal selam ini ketika saya berkunjung ke Prancis minggu lalu” ungkap Menhan Delfin Lorenzana kepada kantor berita Filipina PNA.

Terkait dengan metode pembelian Pemerintah Filipina nampaknya akan menggunakan pendekatan G to G yang artinya Pemerintah Filipina akan mencoba untuk meminta kredit lunak kepada Pemerintah Prancis untuk transaksi pembelian kapal selam scorpene

Sebelumnya AL Filipina menmbuka tender untuk mencari kandidat kapal selam masa depan AL Filipina, selain kapal selam Scorpene peserta tender lainnya adalah Project 636 Kilo Rusia, Changbogo Korea Selatan dan U 209 Jerman.

Sebagai informasi Kapal selam kelas Scorpene adalah kapal selam diesel elektrik yang sudah dilengkapi dengan Air Independent Propulsion (AIP) yang dapat membuat kapal selam ini lebih lama beroperasi dibawah laut. Untuk persenjataan kapal selam seberat 1.870 ton ini dilengkapi dengan 6 buah tabung torpedo kaliber 533 mm untuk meluncurkan torpedo Black Shark buatan WASS dan rudal anti kapal SM 39 Exocet buatan MBDA Prancis.

Baca Juga:  Gagal Mendarat, 2 Tank Rusia Hancur Lebur Saat Diterjunkan Dari Pesawat

Sumber: https://www.pna.gov.ph/articles/1087724

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan