Filipina Terima 5 Helikopter Black Hawk Dari Total 16 Pesanan

Lima dari 16 helikopter tempur serbaguna Sikorsky S-70-i Black Hawk buatan Polandia yang dibeli untuk Angkatan Udara Filipina telah tiba di Filipina, dengan satu helikopter lagi diharapkan akan dikirim melalui laut pada bulan depan.

“Ya, kelimanya tiba di Clark (Pangkalan Udara di Angeles City, Pampanga) dengan pesawat angkut berat Antonov (An-124). Yang keenam dimuat di kapal yang akan tiba pada tanggal 2 Desember,” kata Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana dalam sebuah pesan ke Kantor Berita Filipina Senin malam (09/11).

16 helikopter Black Hawk yang dibeli dari perusahaan Polandia Polskie Zaklady Lotnicze Sp.z.o.o, diproduksi di bawah lisensi dari Sikorsky USA dan memiliki harga kontrak sebesar USD241.461.699 (sekitar PHP11,6 miliar).

Proyek tersebut diperoleh melalui transaksi antar pemerintah dengan Polandia. Negosiasinya selesai pada 2019.

Akuisisi helikopter tempur S-70i Black Hawk buatan Polandia merupakan bagian dari Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina (AFPMP) Horizon 2.Pesawat Antonov An-124 lepas landas dari Bandara Rzeszow-Jasionka, Polandia pada 7 November dan tiba di Pangkalan Udara Clark pada hari Senin (09/11).

“Kami akan menunggu AU Filipina menetapkan tanggal peresmian dan unit mana helikopter itu akan ditetapkan,” tambahnya.

Sementara itu, juru bicara Departemen Pertahanan Nasional Filipina Arsenio Andolong mengatakan sisa 10 unit S-70i Black Hawks buatan Polandia akan dikirimkan awal tahun depan.

Andolong menambahkan, S-70i akan sangat mendongkrak kemampuan Angkatan Bersenjata Filipina untuk melakukan berbagai operasi, termasuk misi tempur, bantuan kemanusiaan, dan tanggap bencana, serta membantu upaya pemerintah melawan pandemi penyakit corona virus 2019 (Covid-19).Sumber : pna.gov.ph/FP TSM Angga

1 Trackback / Pingback

  1. Koramil 19 Sipahutar laksanakan patroli ke pasar Sipahutar – Berita terbaru

Tinggalkan Balasan