Flanker D Su-33, Jet Tempur Kapal Induk Rusia

Sukhoi Su-33 merupakan pesawat tempur keluarga Sukhoi yang sengaja didesain untuk lepas landas di atas geladak kapal induk, secara konvensional atau conventional take-off and landing (CTOL).

NATO memberinya sebutan Flanker D yang merupakan turunan dari Su-27 yang terkenal. Awalnya versi kapal induk ini dikenal dengan sebutan Su-27K. Protoype pertama Flanker D terbang pada Mei 1985, dan sedang unit pertama yang resmi masuk ke arsenal Angkatan Laut Rusia, pada 1994.

Su-33 berhome base di atas geladak kapal induk Admiral Kuznetsov, satu-satunya kapal induk yang dimiliki Rusia. Su-33 memiliki airframe yang lebih kuat dibanding Sukhoi lain yang lepas landas dan mendarat di darat. Pesawat ini juga anti korosi, kait penangkap kabel saat mendarat, mesin lebih bertenaga, dan sayap dapat ditekuk untuk kemudahan penyimpanan.


Berbeda dengan Su-27, Su-33  dilengkapi dengan canard atau sayap kecil statis di bagian depan. Tujuanya untuk mengurangi jarak lepas landas dan pendaratan, serta meningkatkan kemampuan manuver. Pesawat ini juga dapat melakukan pengisian bahan bakar di udara untuk menambah jangkauan terbang.

Flanker D atau Su-33 dilengkapi dengan sistem kontrol dan peringatan dini untuk mendeteksi, melacak, dan mengenali sepuluh target di udara dan di darat. Pesawat ini juga memiliki sistem navigasi jarak jauh untuk menentukan lokasi tempur berdasarkan sinyal yang dikirim oleh stasiun di darat .

Baca Juga:  Frigate Gepard Rusia, Cocok Untuk Vietnam Tidak Untuk Indonesia.

Menggunakan mesin ganda turbofan AL-31F Produksi NPO Saturn yang didesain untuk beroperasi dalam kondisi ekstrim. Kecepatan bisa mencapai 2,17 mach atau 2.300 km/jam dengan kemampuan memanjat 325 m/detik. Bisa terbang sejauh 3.000 km dengan ketinggian maksimum17.000 m atau 17 km.


Senjata yang terpasang diantaranya adalah meriam 30 mm Gsh-30-1 dan memiliki 12 hardpoints atau cantolan senjata untuk membawa rudal udara ke udara R-27R1(ER1), R-27T1(ET1), dan R-73E. roket tidak dipandu S-8KOM, S-8OM, S-8BM S-13T, S-13OF, dan S-25-OFM-PU, rudal dipandu Kh-25MP, Kh-31, dan Kh-41, bom cluster RBK-500, dan electronic counter measure pods.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan