Foto Kapal Catamaran US SV-2 Yang Ditembak Rudal Pemberontak Huthi Yaman

Photo: twitter.com / JosephHDempsey

Pada tanggal 1 Oktober, Kapal Catamaran US HSV-2 Swift Hybrid di Laut Merah dihajar rudal yang ditembakkan oleh pemberontak Huthi Yaman di Laut Merah. Kapal itu disewa oleh pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) untuk berpartisipasi dalam blokade laut Yaman dan untuk mengangkut pasukan koalisi Arab yang menggempur Yaman.

Selama seminggu setelah insiden, Arab Saudi, UEA dan media Amerika sempat menyangkal fakta bahwa catamaran itu terkena hantaman rudal. Namun, foto-foto sebuah kapal yang hancur menjadi viral di twitter dan tak bisa dibantah.

Dalam foto tersebut tampak kerusakan kapal Catamaran tersebut sangat serius dan masih belum diketahui apakah bisa diperbaiki atau tidak. Tampak kabin terbakar habis dan bekas kebakaran hampir di seluruh kapal.


Photo: twitter.com / JosephHDempsey
Photo: twitter.com / JosephHDempsey

Warga negara Ukraina yang menjadi awak kapal HSV-2, Oleksandr Lukianov memberi kesaksian, bahwa setelah dihantam oleh rudal, kapal itu juga dihujani tembakan senjata api dari sebuah kapal kecil di dekatnya.

“Kami sangat ketakutan karena jika kamu selamat dari kebakaran, kamu belum tentu bisa selamat dari peluru senjata api yang menghujani kami,” katanya dikutip kantor berita The National.


Photo: twitter.com / JosephHDempseyv
Photo: twitter.com / JosephHDempseyv

Fakta dari adanya serangan penembakan juga dikonfirmasi oleh anggota lain dari kru kapal asal India, Shailendra Kumar, menurut dia, ketika kru melihat api mulai membakar bagian depan kapal, mereka berlari ke arah belakang dan melihat orang-orang menembaki mereka dari perahu kecil . Kumar mencatat bahwa tembakan berlangsung selama setengah jam.

Baca Juga:  Rusia Uji Parasut Untuk Terjun Ketinggian Rendah

Menurut The National, satu atau dua jam setelah serangan rudal, UAE Navy dan Coastguard tiba di tempat kejadian. Sekarang para awak HSV-2 Swift sedang direhabilitasi di UAE. (southfront)

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan