Futlyar, Torpedo Baru Rusia Yang Lebih Cepat Dan Mematikan Untuk Kapal Selam Nuklir

Kapal selam nuklir Rusia kelas Yasen dan Borey akan punya Torpedo mematikan bernama Futlyar. Torpedo diklaim tercepat di dunia dan memiliki jangkauan paling jauh saat ini.

Prototipe Torpedo ini telah selesai dibangun pada awal Maret 2020, seperti diungkapkan oleh Boris Obnosov, kepala Perusahaan Senjata Rudal Taktis (KTRV).

Dikutip dari Russia Beyond The Headline, Futlyar dijadwalkan mulai digunakan dalam dua tahun lagi, pada 2022.

Futlyar akan mampu menghantam kapal dan kapal selam musuh pada jarak 60 km. Kali ini, torpedo akan meluncur melalui air menuju target dengan kecepatan lebih dari 120 kilometer perjam.

Litovkin mengatakan, Futlyar ditujukan untuk kapal selam tipe Yasen dan tipe Borey. Masing-masing kapal selam itu dilengkapi dengan kompartemen torpedo untuk memuat 30 dan 40 rudal bawah air.

Saat ini sendiri kapal selam Rusia dipersenjatai torpedo Shkval yang dibuat pada akhir abad ke-20 yang sudah sangat mematikan. Torpedo ini adalah yang tercepat di dunia, mampu melesat di bawah air dengan kecepatan hingga 375 kilometer perjam. Sementara laju kapal berkecepatan tinggi paling modern yang mengarungi lautan tak lebih dari 60 kilometer perjam.

Dengan kata lain, sejatinya tak ada kapal yang bisa menghindari Shkval. Torpeda ini itu hanya dapat dicegat oleh senjata antimisil jika berhasil dideteksi secara dini oleh kapal yang disasar.

Baca Juga:  Glide Breaker, Senjata Pencegat Rudal Hipersonik Punya Amerika

Namun kecepatanya ini justru membuat Shkval mudah dibaca radar musuh.

“Kecepatan tinggi justru menjadi kelemahan Shkval. Senjata bawah laut tercepat di dunia itu sangat bising, sehingga sangat mudah terdeteksi sistem akustik kapal dan kapal selam, yang digunakan para pelaut untuk menentukan target musuh jauh di bawah air,” kata Vadim Kozyulin, seorang profesor di Akademi Ilmu Militer Rusia.

Futlyar kelak akan didapuk untuk menggantikan Skhval, lebih cepat dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Menurut pihak pengembang, rudal bawah laut ini lebih cepat, mampu menempuh jarak yang lebih jauh, dan, yang paling penting, lebih senyap.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan