Gagal Beli dari Perancis, Rusia Sesumbar Siap

Rusia benar-benar ekspansif dalam jualan senjata, bahkan berani menerima siap menawarkan produk yang belum pernah dibuatnya sendiri. Salah satunya adalah Pesawat Induk Helikopter / Landing Helicopter Dock.

Selama ini Rusia tidak pernah membuat kapal perang kelas ini. Pernah mau membeli dari kapal Kelas Mistral dari Perancis, tapi karena konflik Crimea, pesanan tersebut dibatalkan Perancis.

Menteri Perdagangan dan Industri Rusia, Denis Manturov. Sesumbar bahwa mereka bisa membangun kapal induk helikopter tersebut dan siap menjualnya ke negara asing selama harganya cocok


Denis juga mengklaim jika kapal induk helikopter Rusia punya kemampuan daya angkut tank dan panser amfibi untuk pendaratan pantai, dan selebihnya membawa helikopter serang atau angkut. USC (United Shipbuilding Corporation) selaku BUMN galangan kapal Rusia menyatakan sanggup membuat kapal ini untuk AL Rusia.


Rusia dulu meminang 2 unit kapal induk helikopter kelas Mistral dari Perancis pada 2011, namun karena Rusia menganeksasi Wilayah Krimea, sanksi internasional menyusul dan pada 2015 akhirnya kontrak diputus dan kapalnya dijual ke Mesir.

Baca Juga:  MIG-29 Rusia Jatuh Selepas Take Off dari Kapal Induk di Suriah

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan