Gaji Prajurit TNI Saat Jalani Tugas PBB di Luar Negeri

Mungkin banyak yang bertanya-tanya soal pendapatan prajurit TNI yang mendapat tugas menjadi Prajurit Garuda PBB di Luar Negeri. Ya, mereka memang mendapat gaji juga dari pihak PBB dengan cukup besar.

Ambil contoh Satgas Yon Komposit TNI Konga XXXV-B/Unamid (United Nations–African Union Mission in Darfur) Sudan Afrika yang baru saja pulang dan disambut di Yonif 623/Bhakti Wira Utama.

Selain telah berjasa kepada dunia sebagai bagian pasukan dari PBB, para prajurit yang menyelesaikan tugas juga membawa hasil yang cukup besar untuk menambah pendapatan jeluarga.


Diungkapkan Pangdam VI/Mulawarman Mayor Jenderal TNI Sonhadji, Senin (8/5) di Yonif 623/Bhakti Wira Utama Banjarbaru, setiap prajurit yang ditugaskan ke luar negeri akan mendapatkan gaji dari PBB.

Menurut indeks gaji yang mereka terima, satu orang prajurit harus menyisihkan 1.000 dolar perbulan dari gajinya terlepas dari biaya makan dan lain-lain.


“Kalau mereka setiap bulan menabung 1.000 dolar, sementara mereka bertugas selama setahun berarti 12.000 dolar kalau dirupiahkan maka akan lebih dari 100 juta,” jelasnya.

Nilai itu ungkapnya bahkan nilai minimal yang dibawa pulang para prajurit ke Tanah Air.

Namun ia mengimbau kepada para prajurit yang tiba agar tak menghabiskan uang mereka sia-sia. “Jangan sampai digunakan untuk yang tak bernilai aset,” ucapnya.

Seperti diketahui para prajurit yang ditugaskan ke Darfur Sudan dikirim selama setahun 20 hari.

Baca Juga:  Keel Laying 2 Unit Kapal Patroli Cepat PC 40 M TNI AL

sumber: tribunnews.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan