Gantikan MiG-27, Skuadron 18 AU India Akan Gunakan LCA Tejas Buatan Sendiri

Angkatan Udara India (IAF) akan segera mengoperasikan satu skuadron pesawat tempur buatan sendiri. Ini adalah skuadron kedua.

Skuadron No.18 Angkatan Udara India yang diberi nama “Flying Bullets” atau ‘Peluru Terbang’ akan seutuhnya diisi oleh pesawat tempur buatan dalam negeri, Light Combat Aircraft (LCA) Tejas. Rencananya, Skuadron ini akan dioperasionalkan pada tanggal 27 Mei di Sulur dekat kota Coimbatore.

“18 Sqn ‘Flying Bullets’ IAF akan dioperasionalkan dengan LCA Tejas yang dibangun sendiri di AF Stn Sulur, oleh Kepala Staf Udara Staf Udara Marshal R.K.S. Bhadauria pada 27 Mei 2020, ”kementerian pertahanan India mentweet hari ini seperti dikutip dari defenseworld.net

Skuadron 18 dibentuk pada 15 April 1965. Sebelumnya Skuadron ini mengoperasionalkan pesawat tempur MiG-27. Dan juga Skuadron IAF kedua yang menerbangkan LCA Tejas setelah Skuadron 49 “Flying Daggers” Keduanya punya markas yang sama, yaitu di negara bagian Tamil Nadu di India selatan.

Skuadron ini akan menjadi yang pertama menggunakan LCA Tejas dengan konfigurasi siap tempur atau Final Operational Clearance (FOC).

Tejas adalah pesawat tempur sayap delta generasi keempat asli buatan India. Pesawat ini diklaim yang paling ringan dan terkecil dalam kelompok pesawat tempur supersonik.

Jet ini dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire, avionik digital terintegrasi, radar multimode dan strukturnya terbuat dari bahan komposit karbon.

Baca Juga:  Jika Borong 88 Unit Gripen, SAAB Janjikan Buka Pabrik Di Kanada

Selain India, beberapa negara seperti Malaysia sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat ini.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan