Generasi Tebaru Pesawat Siluman B-21 Bakal Diberi Nama Raider

Sekretaris Angkatan Udara AS, Deborah Le James mengumumkan bahwa generasi terbaru dari pesawat siluman bomber legendaris, B-21 bakal diberi nama label B-21 Raider. Nama ini adalah representasi dari sejarah B-21 sebagai pesawat bomber siluman hebat selama 50 tahun.

“Nama B-21 ini mewujudkan warisan dan kekuatan proyeksi kemampuan serangan jarak jauh Angkatan Udara. Kami bangga untuk bermitra dengan Angkatan Udara untuk menyampaikan sebuah sistem yang sangat penting untuk keamanan nasional kita, “kata Tom Vice, wakil presiden perusahaan Northrop Grumman Aerospace Systems.

“Sebagai satu-satunya perusahaan yang pernah merancang, membangun, memberikan dan memodernisasi sistem siluman jarak jauh, kami berkomitmen untuk memberikan armada pembom terhebat untuk abad ke-21,” lanjutnya


Northrop Grumman dan tujuh rekanan industri utama terus bekerja dengan Angkatan Udara agar pesawat pembom  Raider B-21 siap terbang di tahun 2020.

Ketujuh rekanan Northrop Grumman dalam pembuatan B-21 Raider adalah: BAE Systems, GKN Aerospace, Janicki Industries, Orbital ATK, Pratt & Whitney, Rockwell Collins, dan AeroSystems Roh.

Dengan biaya $ US 500 juta  masing-masing, B-21 Raider diklaim mampu melakukan pemboman di bagian mana saja di dunia setelah lepas landas. Termasuk menembus radar milik China dan Rusia.


Akun resmi twitter US Air Force menulis,
“When the president calls & puts us into the fight, the B21 Raider will answer our nation’s call!”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan