Gertak China, Amerika Taruh Pesawat F-22 Gantikan F-35A di Pangkalan Jepang

China terus memanaskan kawasan Indo- Pasifik padahal Korea Utara yang udah mulai jinak. Sebagai bentuk “deteren” Amerika Serikat mengerahkan pesawat Armada F-22 Raptor untuk menggantikan F-35A Lightning II di Pangkalan Udara Kadena, Jepang.

Di sisi lain, Komando Pasifik Amerika Serikat (USPACOM) juga diubah menjadi menjadi Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat (USINDOPACOM) seiring meningkatnya konektivitas di kawasan di Indo-Pasifik.

Bagi F-22, penugasan di Kadena bukanlah yang pertama kali, karena penempur generasi kelima ini telah melaksanakannya secara rutin sejak satu dekade lalu.


F-22 berserta para awak dan teknisinya dari Skadron tempur 525 di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska telah tiba pada minggu ini di Kadena. Namun jumlahnya tidak disebutkan oleh Wing 18 Kadena dalam siaran persnya.

Sementara F-35A yang digantikan oleh F-22 telah kembali ke Hill Air Force Base, Utah. Penugasan selama enam bulan di Kadena, bagi F-35A merupakan penugasan pertama jet tempur siluman itu di luar negeri.

Meski F-35A pulang kampung, tidak berarti seluruh armada F-35 meninggalkan Jepang. Satu skadron F-35B (STOVL) milik Korps Marinir AS (USMC) tetap berbasis di Stasiun Udara Korps Marini (MCAS) Iwakuni dan saat ini tengah melaksanakan misi di Pasifik Barat bersama USS Wasp (LHD-1).


F-35B milik USMC menjadi kekuatan tempur dari skadron permanen VMFA “Green Knights” di MCAS Iwakuni, Jepang. Sumber: TSM/Angkasa Review

Baca Juga:  Pesawat Tanpa Awak Iran Mirip Sentinel RQ-170 Milik Amerika

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan