Gilboa Snake, Senapan Laras Ganda Buatan Israel

Israel adalah salah satu negara dengan inovasi senjata terbaik di dunia. Sebagai negara yang dikepung permusuhan, maka wajar jika negara Yahudi ini tak pernah berhenti berinovasi. Salah satunya adalah Senapan Gilboa Snake dikembangkan oleh perusahaan Israel Silver Shadow.

Senapan ini dikembangkan oleh Amos Golan, enginer sekaligus CEO perusahaan yang dulunya terkenal dengan senapan Cornershoot-nya.

Senapan Gilboa Snake dirancang berdasarkan konsep lama tembakan “salvo”. Konsep ini, yang sebelumnya dikembangkan dan diuji di Amerika Serikat di bawah program SPIW pada 1950-an dan 60-an, menciptakan senjata yang menembakkan beberapa peluru pada saat yang sama atau dalam semburan yang sangat cepat, untuk meningkatkan probabilitas perkenaan (hit) dan melumpuhkan target secara lebih cepat per satu siklus “lihat – bidik – tarik picu”.


Beberapa senapan otomatis multi-laras eksperimental dikembangkan dan diuji di Amerika Serikat dan di tempat lain, tetapi Gilboa Snake tampaknya menjadi senapan serbu salvo multi-laras pertama di dunia yang mencapai status produksi.


Senapan Gilboa Snake select-fire, dimaksudkan untuk pasukan khusus militer dan penegak hukum. Namun, Silver Shadow juga mendesain versi “sipil” dari senapan Snake, yang memiliki dua picu bersebelahan, masing-masing mengendalikan larasnya sendiri, dan masing-masing hanya mampu menembak semi-otomatis.

Senapan Gilboa Snake memiliki dua laras, dipasang berdampingan pada satu receiver yang terbuat dari logam paduan aluminium. Dalam versi select-fire, kedua laras terhubung ke blok gas tunggal dengan pengatur gas manual. Piston gas short-stroke tunggal berjalan di atas dan di antara laras, untuk secara simultan dan serentak memutar dua bolt carrier dengan rotating bolt tipe seperti senapan M16. Dalam versi “sipil” setiap laras dilengkapi dengan blok gas independen dan piston sendiri.

Baca Juga:  Senapan Bawah Air Untuk Pasukan Khusus Rusia

Masing-masing bolt dirancang untuk mengeluarkan selongsong ke samping, sehingga senapan mengeluarkan selongsong ke kanan dan ke kiri melalui dua ejection window yang terletak secara simetris.

Versi militer dari senapan Gilboa Snake memiliki picu tunggal dan tiga posisi penembakan safe/fire selector, yang memungkinkan untuk tembakan tunggal dua peluru (satu tembakan dari setiap laras secara bersamaan per tarikan picu tunggal), dan untuk tembakan otomatis penuh (juga secara bersamaan dari setiap laras). Amunisi dipasok dari dua magazin standar M16 yang secara terpisah dimasukkan ke dalam housing magazin kembar di bawah senapan.

Senapan Snake Gilboa dilengkapi dengan sistem return springs system, yang terletak di dalam receiver atas di atas bolt carrier, sehingga dapat dilengkapi dengan popor yang dapat dilepas (detachable) dan/atau popor lipat samping dari berbagai desain (M16 dan M4 memiliki buffer spring di dalam popor). Berbagai jenis pembidik dipasang menggunakan rel Picatinny yang berlokasi di atas receiver. Aksesoris tambahan seperti senter taktis, laser dan foregrip dapat dipasang pada handguard 3-rel.

Sumber : armyrecognition.com, modernfirearms.net, TSM by Angga Saja

1 Komentar

  1. Senapan serbu dengan dua laras ga ada gunanya, senjata makin berat dan tidak berpengaruh kepada jarak tempuh peluru dan impack peluru, lebih baik meningkatkan kaliber, dari 5.6mm ke 6.5mm

Tinggalkan Balasan