Gongji-11 Pesawat Siluman Tanpa Awak Buatan China

Stealth UAV Gongji-11 (GJ-11), yang merupakan iterasi terbaru dari UAV Sharp Sword China dipamerkan dalam parade militer peringatan 70 tahun pendirian People’s Republic of China.

Dibandingkan dengan Sharp Sword, GJ-11 sudah memiliki concealed exhaust dengan desain aspek belakang yang lebih streamline, sehingga GJ-11 memiliki kemampuan stealth yang lebih baik. Fungsi dari GJ-11, menyimak dari narasi yang diberikan pada saat parade dan dari designasi GJ untuk “gonji” (attack) adalah melaksanakan penetrasi ke wilayah musuh dan melancarkan serangan di sasaran kritis.

Kemungkinan GJ-11 yang ditampilkan dalam parade ini adalah mockup iterasi yang sedang dikembangkan dan bukan UAV yang bisa diterbangkan, karena fitur-fitur yang ada pada pesawat terbang seperti panel yang terlihat, seam line, thermal protective treatment di dekat exhaust dan sebagainya tidak ada.


Beberapa orang mengatakan bahwa GJ-11 sudah menggunakan teknologi fluidic thrust vectoring, yang memungkinkan pesawat dikendalikan dengan hembusan udara dari trailing edge sayap ketimbang control surface tradisional seperti flap dan aileron. Ini disimpulkan dari adanya enam “lubang” kecil yang berada di bagian trailing edge sayap GJ-11.


Namun jika melihat dari foto dengan sudut yang lain, jelas terlihat bahwa di sayap GJ-11 terdapat outline traditional control surface. Enam fitur di sayap GJ-11 bukanlah “lubang”, tapi bagian menonjol yang mengindikasikan dimana control surface UAV berdempetan satu dengan yang lain.

Baca Juga:  Ngeperr, Turki Berencana Titipkan S-400 ke Qatar

Sumber:

-Hex/Lighting II Chan

– https://www.thedrive.com/the-war-zone/30111/china-showcases-stealthier-sharp-sword-unmanned-combat-air-vehicle-configuration?fbclid=IwAR2cQFlNoN7-BqLuexXUAl7u3N537suFGPOG3_GMnhpjygc_5SEoT2tq2IU

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan