Gudang Senjata Rahasia Di Pusat Kota Meledak Di Idlib

Suriah – Serangkaian ledakan besar mengguncang kota al-Kastan di bagian barat daya Greater Idlib Suriah pada 5 April 2020 siang.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang berbasis di Inggris, sumber ledakan adalah sebuah gudang amunisi yang disembunyikan di sebuah bangunan sipil di pusat kota.

Gudang itu dilaporkan dijalankan oleh pedagang senjata lokal yang dikenal sebagai Abu Rida al-Susi. Ledakan itu melukai delapan orang, termasuk tiga anggota organisasi Helm Putih (White Helmet). Salah satu yang terluka dalam kondisi kritis.

Namun sumber ledakan itu dibantah oleh direktur lokal kelompok Helm Putih, Enab Baladi, yang menyebut bahwa ledakan dari sumber yang tidak diketahui.

SOHCR menuding Pernyataan itu merupakan upaya yang jelas untuk menutupi kegiatan kriminal dan jual beli senjata di Provinsi Idlib.

SOHCR telah meminta kelompok bertikai untuk tidak menjadikan manusia sebagai perisai pelindung.

Al-Kastan terletak di kawasan disrtrik Jisr al-Shughur. Sebelumnya hari ini, militer Turki membentuk tiga pos baru di wilayah tersebut.

Kota Jisr al-Shughur dan pedesaannya berada di bawah kendali Hay’at Tahrir al-Sham (HTS) yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dan Partai Islam Turkistan (TIP).

Sebagian besar kegiatan di wilayah itu, termasuk perdagangan senjata, dikoordinasikan atau bahkan dikontrol langsung oleh kelompok-kelompok teroris ini.

Baca Juga:  Suriah Gempur Israel Dengan Roket, Langsung Dibalas Oleh Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan