Hadapi Kapal Selam Virginia AS, Rusia Bikin Kapal Selam Laika Mampu Bawa 4 Rudal Mematikan

Mewarisi semangat dan teknologi Uni Soviet, Rusia selalu mampu bikin senjata tandingan dari alat perang buatan Amerika Serikat (AS). Yang terbaru, Moskow sedang menyiapkan Kapal selam Kelas Laika untuk menandingin Kapal Selam Kelas Virginia milik AS.

Dilansir oleh oleh Forbes (2/1/2020), pembangunan kapal selam nuklir ini telah memasuki tahap desain.

Informasi tentang Kapal Selam kelas Laika ini dirilis dalam video singkat Televisi Nasional Rusia, menurut siaran TV tersebut tersebut kapal selam Kelas Laika merupakan jawaban AL Rusia terhadap kemunculan kapal selam nuklir terbaru AL AS Kelas Virginia.

Kapal selam ini termasuk kedalam jenis Hunter Killer yang artinya kapal selam ini didesain untuk memburu kapal selam lawan dengan torpedo kelas beratnya, walaupun fungsi asasinya adalah kapal selam buru sergap namun Rusia juga mendesain kapal selam ini bisa melakukan serangan mematikan pada sasaran kapal perang/kapal induk ataupun target statis didaratan dengan memggunakan rudal jelajah seperti Kalibr atau Zirkon

Sebagai informasi tulang punggung kapal selam hunter killer AL Rusia saat ini adalah Kelas Akula namun kapal selam ini produk perang dingin (satu angkatan dengan kelas Seawolf AL AS dan kelas Astute AL Inggris) yang artinya kapal ini sudah ketinggalan jaman. Dengan adanya Kelas Laika maka AL Rusia masih bisa bersaing dengan AS untuk teknologi kapal selam

Baca Juga:  Pesawat Amfibi Be-200CS Rusia Mulai Diproduksi

Untuk persenjataan berbeda dengan kapal selam serang diesel seperti Kilo, Kelas Laika akan dilengkapi dengan sistem peluncur vertical (VLS) untuk mengakomodasi rudal jelajah kalibr, rudal anti kapal supersonic Yakhont/Onyx dan rudal anti kapal hipersonik Zircon.

Namun hingga detik ini masih belum jelas kapan Kapal Selam kelas Laika ini akan diperkenalkan kepada public saat ini yang jelas adalah nomor proyeknya saja yaitu Project 545.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan