HAL Tejas India Akan Gantikan MiG-21 dan MiG-27 di AU India

Kementrian Pertahanan India akhirnya memutuskan bahwa pengganti pesawat Mig-21 dan Mig-27 milik AU India adalah pesawat tempur buatan dalam negeri yaitu HAL Tejas. Seperti dikutipndari Sputnik (18/03/2020).

Total akan Kemhan India akan memesan 83 unit Tejas Mk1A dari HAL (PTDI-nya India) untuk menggantikan pesawat jadul buatan Soviet tersebut. Keputusan Kemhan India itu juga didukung oleh Dewan Akuisisi Pertahanan yang mana Menhan Rajnath Singh menjadi ketuanya.

“kami telah berkomitmen untuk memajukan industri pertahanan kami dengan memesan 40 unit Tejas dengan konfigurasi awal, selanjutnya bersama dengan dewan Kemhan memberi lampu hijau untuk pengadaan 83 pesawat Tejas Mk1A yang lebih canggih untuk Angkatan Udara India” kata Menhan Rajnath Singh.

83 unit yang dipesan adalah versi terbaru dari Tejas yaitu Mk1A yang kini dilengkapi dengan fitur pengisian bahan bakar di udara, dipersenjatai dengan rudal Israel Derby dan Phyton, radar AESA dan deretan sistem peperangan elektronik dan bom pintar.

Sebagai informasi saat ini AU India kekurangan sekitar 300 jet tempur, angka itu akan terus bertambah jika armada tua seperti Mig 21, Mig 27, dan Jaguar akan pensiun bertahap.

Baca Juga:  Pakistan Terima Helikopter Serbu Mi-35M dari Rusia

1 Trackback / Pingback

  1. Tolak F-21 Buatan AS, AU India Pilih Beli Pesawat Tejas Buatan Sendiri – MiliterMeter.com

Tinggalkan Balasan