Hamas Kerahkan Roket Baru Ayyash-250 Untuk Serang Israel

Pada 13 Mei, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Gerakan Hamas, mengumumkan bahwa mereka telah menyerang Bandara Internasional Ramon di Israel selatan.

Abu Ubaida, juru bicara faksi Palestina, mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa bandara Israel, yang terletak 220 kilometer dari Gaza, menjadi sasaran roket berat baru yang dijuluki “Ayyash-250”.

Roket baru itu dinamai Yahya Ayyash, kepala pembuat bom Hamas dan pemimpin batalion Tepi Barat dari Brigade Izz ad-Din al-Qassam, yang dibunuh oleh Israel pada tahun 1996.

Menurut juru bicara Brigade Izz ad-Din al-Qassam, roket baru tersebut memiliki jangkauan lebih dari 250 kilometer dan dipersenjatai dengan hulu ledak berdaya ledak tinggi yang berat.

“Kami menempatkan roket Ayyash-250 dalam layanan dan memberi tahu musuh: bandara Anda, dan setiap titik dari utara ke selatan berada dalam jangkauan roket kami, dan inilah senjata penghukum berikutnya yang terbang dari langit Palestina menuju setiap target yang kami tentukan dan putuskan dengan pertolongan Tuhan,” kata juru bicara itu.

Sumber Israel mengkonfirmasi bahwa roket itu mendarat di sekitar Bandara Internasional Ramon. Tidak ada kerugian yang dilaporkan. Namun efeknya bandara ditutup.

Beberapa menit setelah serangan di Ramon, Brigade Izz ad-Din al-Qassam meluncurkan roket ke ibu kota Israel Tel Aviv, kota Beersheba dan Netivot serta pangkalan militer di Tel Nof dan Nevatim.

Baca Juga:  160 Orang Tewas Dibantai Kelompok Jihad Islam di Burkina Faso

Beberapa intersepsi oleh sistem Iron Dome dilaporkan. Namun, di Israel selatan sistem pertahanan udara menghadapi kegagalan teknis.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan