Hamas Serang Pabrik Kimia Israel Dengan Drone Kamikaze Shehab

Drone Bunuh Diri Shehab Palestina

Pada 14 Mei, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer Gerakan Hamas, mengumumkan bahwa mereka telah menargetkan pabrik kimia Israel.

Dalam keterangan singkatnya, kelompok Palestina tersebut mengatakan bahwa pabrik yang terletak di pemukiman Nir Oz itu menjadi sasaran drone bunuh diri (kamikaze) bernama Shehab. Kelompok tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang serangan tersebut. Namun, para pengamat berspekulasi bahwa sasarannya adalah pabrik kimia Nirlat.

Otoritas Israel mengeluarkan peringatan infiltrasi drone di Nahal Oz serta di permukiman terdekat Alumim dan Be’eri. Namun demikian, tidak ada intersepsi yang dilaporkan.

Drone bunuh diri Shehab, besar kemungkinan adalah drone Ababil-2 buatan Iran, baru-baru ini diluncurkan oleh Brigade Izz ad-Din al-Qassam. Drone ini telah digunakan dalam dua serangan pada 12 dan 13 Mei. Spesifikasi dan kemampuannya belum diungkapkan.

Sementara itu, faksi Palestina terus meluncurkan roket dari Jalur Gaza ke Israel. Dalam beberapa jam terakhir, beberapa permukiman, termasuk Kiryat Malachi, Herzliya, dan Ashkelon, menjadi sasaran puluhan roket.

Beberapa roket melewati sistem Iron Dome, yang mengakibatkan beberapa tabrakan. Namun, tidak ada korban yang dilaporkan oleh sumber Israel.

Sehari sebelumnya, seorang wanita Israel dari pemukiman dekat kota Ashdod meninggal karena kecelakaan akibat hantaman roket. Kematian itu meningkatkan jumlah total orang yang tewas di Israel akibat tembakan roket Palestina sejak 10 Mei menjadi tujuh. Hingga 200 lainnya terluka.

Baca Juga:  Turki Bantah F-16 Miliknya Menembak Jatuh Su-25 Armenia

Meskipun ada laporan serangan darat di Jalur Gaza, operasi Israel masih terbatas pada serangan udara dan artileri. Ini mungkin segera berubah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan