Hari Lahir Kim Jong-un Enggak Jadi Hari Libur Nasional di Korea Utara?

Menjelang hari ulang tahun pemimpin Kim Jong-un yang jatuh pada 8 Januari nanti, pemerintah Korea Utara dilaporkan tak akan menjadikan HUT sang pemimpin sebagai hari libur nasional.

Sebuah sumber anonim dari Provinsi Pyongan Selatan mengatakan kepada media Korea Selatan Daily NK bahwa ulang tahun Kim Jong-un, yang dipercaya jatuh pada 8 Januari, tak tercantum dalam kalender nasional yang diproduksi dan diterbitkan oleh Rumah Penerbitan Bahasa Korea Utara. Demikian seperti dikutip dari USA Today, Sabtu (6/1/2018).

Persepsi warga Korea Utara yang menilai buruk kepemimpinan Kim Jong-un diduga kuat sebagai alasan utama HUT sang pemimpin tak dirayakan dan dijadikan hari libur nasional. Lanjut si sumber anonim kepada Daily NK.


Penilaian buruk itu dipicu oleh banyaknya warga Korut yang kehilangan pekerjaan mereka akibat perekonomian negara yang melemah karena sejumlah sanksi ekonomi dari komunitas internasional.


Kendati demikian, informasi dari si sumber anonim itu masih belum dapat diverifikasi lebih lanjut. Baik pemerintah Korea Selatan dan Korea Utara juga belum memberikan tanggapan resmi terkait kabar tersebut. (liputan6/ed)

Baca Juga:  Irak Terima 21 Pesawat F-16 Dari Amerika Serikat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan