Helikopter Angkut Tempur Mi-8AMTSh-VN Rusia Mulai Uji Terbang

Russian Helicopters memulai uji terbang helikopter angkut-tempur Mil Mi-8AMTSh-VN. Penerbangan pertama dilakukan di Mil and Kamov National Helicopter Center. Helikopter baru tersebut akan mendaratkan paskan dan mendukung serangan udara dan terlibat dalam operasi khusus. Helikopter dilengkapi dengan perangkat terbaru, senjata dan perlindungan yang diperkuat.

Uji coba dilakukan untuk menguji karakteristik aerodinamis, kemampuan manuver, stabilitas dan kontrol, serta keandalan dan efektivitas senjata dan perlindungannya. “Konsep teknis Mi-8AMTSh-VN dibentuk sesuai dengan pengalaman keterlibatan tempur helikopter dalam konflik bersenjata modern. Mesin yang berdaya tinggi, sistem lifting baru, senjata yang lebih beragam, perlindungan yang diperkuat, dan karakteristik lain dari helikopter yang diupgrade akan meningkatkan kemampuan tempurnya untuk operasi dalam kondisi yang paling sulit.

Tahap pertama uji coba akan selesai Tpada bulan November tahun ini. Dua helikopter lain akan bergabung dengan uji coba nanti,” kata Direktur Industri Rostec untuk Penerbangan, Anatoly Serdyukov.

Prototipe ini diproduksi oleh Ulan-Ude Aircraft Plant dan diperlengkapi oleh Mil and Kamov Center. Helikopter itu telah di pameran-pameran besar Rusia. Delegasi asing memuji helikopter baru tersebut.

Sebuah kontrak untuk pembelian sepuluh Mi-8AMTSh-VN telah ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan Rusia di forum Army-2019. “Prototipe Mi-8AMTSh-VN sedang menjalani uji coba darat dan uji terbang. Awalnya akan dilakukan oleh Mil and Kamov Center dan kemudian oleh lembaga negara khusus dan pusat penerbangan,” kata CEO Russian Helicopters Andrey Boginsky.

Baca Juga:  SAAB Pamerkan Hanggar Kamuflase Untuk Jet Tempur Gripen

Mi-8AMTSh-VN dapat dilibatkan dalam berbagai misi, transportasi dan pendaratan, dan dukungan tembakan untuk serangan pasukan komando. Helikopter memiliki lifting rotor yang diupgrade dengan bilah komposit. Rotor memiliki daya dorong yang lebih besar dan bersama-sama dengan mesin yang lebih kuat meningkatkan kapasitas angkut, kemampuan manuver, dan kecepatan serta memberikan karakteristik baru untuk operasi di pegunungan dan iklim panas. Helikopter ini memiliki rotor torsi (ekor) berbentuk X yang lebih efisien.

Mi-8AMTSh telah meningkatkan daya tahan dan perlindungan karena pertahanan pada pesawat, armor titanium dan Kevlar. Armor melindungi awak dan bagian unit penting helikopter, serta pasukan di kabin kargo. Dua pintu geser dan palka tambahan meningkatkan kemampuan serangan mobil udara helikopter.

Mi-8AMTSh-VN dipersenjatai dengan senapan mesin 12,7mm. Selain juga kanon, rudal dan bom tak berpemandu, helikopter memiliki satu set senjata rudal dengan perangkat penglihatan untuk melawan sasaran darat dan udara, menghancurkan titik tembak dan pasukan lapis baja musuh.

Helikopter dapat beroperasi secara efektif di malam hari. Helikopter memiliki sistem optik-elektronik gyro-stabilized, dan disesuaikan untuk night vision goggle. Banyak misi dapat dipenuhi secara otomatis karena sistem piloting dan navigasi yang terintegrasi dan autopilot digital. Peralatan auto pilot mengurangi beban pada awak helikopter dan meningkatkan efektivitas tempur dalam konflik modern.

Sumber : airrecognition.com via FP TSM
Foto : bmpd.livejournal.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan