Helikopter Apache Akan Ditempatkan Di Skadron Serbu 11 Semarang

Helikopter AH-64E Apache Guardian akan segera tiba di Indonesia. Heli serbu ini  rencananya akan dintempatkan di Semarang, Jawa Tengah. Memperkuat Skadron Serbu 11 Pusat Penerbangan TNI AD. 

Untuk pengiriman, tiga unit Apache pesanan pertama akan diterima pada bulan November 2017 mendatang. Sedangkan 5 unit sisanya akan dikirimkan pada awal 2018 mendatang.

Di arsenal Puspenerbad saat ini ada total 91 unit helikopter dari berbagai jenis dan varian, di antaranya BO-105 Bolkow, Mi-17, Mi-35, Bell-412, dan AS550 Fennec. Beberapa di antaranya merupakan barang baru yang belum lama diserahterimakan beberapa bulan lalu.
Soal varian Apache yang dipesan juga menjadi perdebatan seru. Menurut beberapa sumber, Apache yang akan diterima oleh Puspenerbad adalah AH-64D Apache Block III Longbow atau AH-64E Apache Guardian.


Varian ini ditenagai oleh mesin T-700-GE-701D dan dilengkapi oleh Target Acquisition and Designation Sight/Modernized Pilot Night Vision Sensors, AN/APG-78 Fire Control Radar (FCR) dengan Radar Electronics Unit, AN/APR-48A Radar Frequency Interferometer, AAR-57(V) 3.5 Common Missile Warning System (CMWS) dengan Sensor and improved Countermeasure Dispenser

AH-64E Apache Guardian pesanan Puspenerbad juga akan dipersenjatai dengan rudal anti-tank AGM-114R3 Hellfire. Selain itu, juga dilengkapi dengan Identification Friend or Foe Transponders (IFFT).

Puspenerbad juga akan menerima satu set simulator, persenjataan 30 mm dan amunisinya, perlengkapan komunikasi, suku cadang, serta perlengkapan pendukung lainnya. Tidak hanya itu pelatihan bagi personelnya juga diberikan bersama dengan teknisi-teknisi dari AS. 

Baca Juga:  Pesawat F-16 TNI AU Pernah Digunakan untuk Memberi Pelajaran Preman

sumber :angkasa.grid.id

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan