Helikopter Boeing Apache Akan Diproduksi di India

Boeing akan mulai memproduksi helikopter serang AH-64E Apache yang ditujukan untuk pesanan Angkatan Udara India, di sebuah fasilitas di negeri Hindustan tersebut tahun depan.

Rencananya, perusahaan Amerika Serikat tersebut akan memproduksi pesawat Apache di fasilitas Tata Advanced Systems di Hyderabad dan mengirimkannya ke AS untuk perakitan. Helikopter tersebut akan siap pada akhir tahun, menurut laporan Livemint pada hari Senin (28/08).

India membeli 22 helikopter Apache dan 15 helikopter angkut berat Chinook senilai $ 3 miliar untuk Angkatan Udara India (Indian Air Force – IAF) di bawah kesepakatan pemerintah-ke-pemerintah dengan AS pada tahun 2015.


Bulan ini India memesan enam helikopter tambahan AH-64E senilai Rs4.168 crore untuk Angkatan Darat India.

Sementara Apache pertama untuk Angkatan Udara India akan dikirim pada tahun 2019 dan sedang dibangun di AS dan tempat-tempat lain, Apache Angkatan Darat India akan dibuat secara lokal. “Kami lebih cepat dari jadwal,” kata Pratyush Kumar, presiden Boeing India, mengacu pada produksi dengan perusahaan Tata, hari Senin.


Boeing telah memenangkan kontrak senilai sekitar $ 14 miliar dari India dalam beberapa tahun terakhir, termasuk untuk pasokan pesawat angkut C-17 Globemaster, rudal Harpoon, pesawat anti-kapal selam P-8, helikopter Apache dan Chinook.

Tujuan Boeing berikutnya adalah untuk memenangkan kesepakatan dengan Angkatan Laut India. Pesawat Boeing F-18 Super Hornet, Rafale Prancis, Saab Sea Gripen Swedia dan MiG-29K Rusia adalah pihak-pihak bersaing untuk usulan pembelian 57 pesawat tempur oleh Angkatan Laut India senilai US $ 15 miliar.

Baca Juga:  Bulgaria Pilih F-16 Viper Gantikan Mig-29

Boeing mengharapkan adanya perkembangan kesepakatan tersebut pada tahun depan.

Sumber : defenseworld.net

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan