Helikopter Dauphin Sukses Mendarat di KRI Usman Harun-359 di Laut Mediterania

Helikopter TNI Dauphin HR-3601 berhasil onboard pertama kalinya di geladak KRI Usman Harun-359 yang bertugas dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) saat manuver di perairan Laut Mediterania.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah .saat berada di Mako Kodam I/Bukit Barisan, Senin (20/8/2018).

Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan bahwa Helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan menuju geladak heli dan berhasil onboard di KRI Usman Harun-359 pada pukul 11.30 waktu setempat dengan aman dan lancar.


Pada kesempatan tersebut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menyampaikan bahwa selama penugasan ke depan keberadaan helikopter TNI Dauphin HR-3601 guna mendukung pelaksanaan tugas Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dengan Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H.,M.Si dan sehari-harinya menjabat sebagai Komandan KRI Usman Harun-359 yang telah bertugas dalam misi perdamaian PBB sejak bulan Juli 2017 lalu.


Selanjutnya Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menuturkan bahwa helikopter TNI Dauphin HR-3601 diterbangkan oleh pilot Kapten Laut (P) Muhammad Al-Amin dan Kopilot Kapten Laut (P) Ario Letto Hidayatullah.

Kapuspen TNI juga mengatakan bahwa baru untuk pertama kalinya TNI melibatkan helikopter jenis Dauphin AS-365 dengan nomor registrasi pesawat HR-3601 yang diangkut pesawat cargo cargo Antonov-124 Volga Depnr diterbangkan secara langsung dari Surabaya menuju Beirut Lebanon dalam rangka tugas misi perdamaian PBB.

Baca Juga:  Panglima TNI Peringatkan Ancaman Amerika Serikat dari Australia

“Helikopter jenis Dauphin AS-365 untuk memperkuat tugas dalam misi perdamaian PBB di Lebanon”, tambah Kapuspen TNI.

Lebih lanjut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menambahkan bahwa selama bergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL, helikopter jenis Dauphin AS-365 HR-3601 akan diawaki oleh 9 crew pesawat terdiri dari 4 pilot dan copilot serta 5 teknisi pesawat yang bertugas mengoperasikan dan melaksanakan pemeliharaan dan perawatan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan