Helikopter India Dhruv ALH Jatuh

Sebuah Advanced Light Helicopter (ALH) Dhruv Angkatan Darat India jatuh di dekat helipad Tsogstalu di Ladakh timur India pada hari Selasa (05/09), menurut laporan media setempat.

Menurut laporan, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 13.30 siang hari waktu setempat, awak dan penumpang helikopter yang jatuh selamat dengan luka ringan.

Penyebab kecelakaan itu belum dapat dipastikan dan tim penyelidikan telah diperintahkan menyelidiki insiden tersebut.

Pada bulan Juli tahun ini, sebuah helikopter Dhruv Angkatan Udara India jatuh di distrik Papumpare, Arunachal Pradesh, di dekat perbatasan Tiongkok yang menewaskan empat orang.

Kemarin, sebuah kontrak ditandatangani antara Hindustan Aeronautics Limited (HAL) dan Kementerian Pertahanan India untuk pengadaan 40 Advanced Light Helicopters (ALH) untuk Angkatan Darat India dan satu untuk Angkatan Laut. Helikopter yang dipesan untuk Angkatan Darat tersebut mencakup 22 versi dasar Dhruv dan 18 versi bersenjata yang dikenal sebagai Rudra (ALH-WSI Weapon System Integrated).


HAL Dhruv ALH adalah helikopter utilitas yang dikembangkan oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL) milik negara India dengan bantuan produsen kedirgantaraan Jerman, MBB.

Helikopter tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1992.

Helikopter itu memasuki dinas militer pada tahun 2002. Lebih dari 200 HAL Dhruv telah diproduksi untuk pelanggan yang berbeda termasuk untuk negara asing.


Sumber : defpost.com / TSM

Baca Juga:  India Kerahkan Pesawat Su-30MKI pada Pitch Black 2018

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan