Helikopter Mi-17 India Jatuh Lagi, Panglima Militer India Jadi Korbanya

Helikopter Mi-17 milik India jatuh lagi, kali ini yang menjadi korban adalah Panglima Militer India Jenderal Bipin Rawat beserta istrinya dan 11 orang lainya yang menjadi penumpang heli naas tersebut.

Namun ada satu yang selamat dalam kecelakaan ini, yaitu Kapten Grup Varun Singh SC, Staf Pengarah di DSSC saat ini sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Militer di Wellington.

Media India banyak menyoroti helikopter Mi-17-5 yang digunakan sebagai helikopter VIP, yang dimana juga difungsikan membawa Perdana Menteri dan pejabat tinggi India. Dalam 9 tahun terakhir tercatat ada 7 unit Mi-17 series jatuh dan menghilangkan banyak nyawa korban, banyak faktor penyebab jatuhnya beberapa helikopter tersebut.

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh memberi penghormatan kepada para korban pada hari Kamis di parlemen.

“Dengan kesedihan yang mendalam dan hati yang berat, saya berdiri untuk menyampaikan berita duka tentang jatuhnya helikopter militer pada siang hari tanggal 8 Desember 2021, dengan Kepala Staf Pertahanan pertama India, Jenderal Bipin Rawat di dalamnya,” kata Singh.

Jenazah mereka akan dibawa ke ibu kota negara Delhi pada Kamis. Pemakaman Jenderal Rawat dan istrinya Madhulika akan diadakan pada hari Jumat.

Jenderal dengan jabatan tertinggi dalam militer India tersebut akan dikremasi dengan penghormatan militer penuh.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan Jenderal Bidin Rawat adalah “mitra berharga” bagi Washington.

Baca Juga:  India Sukses Uji Tembak Rudal QRSAM Buatan Sendiri

“Jenderal Rawat meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam perjalanan kemitraan pertahanan AS-India dan berada di pusat transformasi angkatan bersenjata India menjadi organisasi perang yang lebih terintegrasi bersama kami,” kata Austin dalam sebuah pernyataan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan