Helikopter Mi-17 Milik India Jalani Proses Zombie di Rusia

4 Helikopter Mi-17 India yang sudah empat tahun ini digrounded akan diterbangkan ke Rusia untuk overhaul berat. Empat helikopter tersebut sebelumnya mati suri karena persoalan spare part yang langka.

Mi-17 adalah helikopter kelas menengah bermesin twin-turbin yang dibuat oleh Kazan Helicopters sejak tahun 1977. Helikopter ini terkenal tangguh dan banyak digunakan sekutu Sovyet.  India sendiri menggunakanya untuk operasi penyelamatan bencana dan transportasi pasukan ke daerah terpencil.

Proses zombie atau Overhaul berat tidak hanya akan mencakup perbaikan atau penggantian mesin, tetapi juga avionik dan hidrolik, Tribune India melaporkan Senin (25/07). India berharap proses ini akan memperpanjang usia pakai heli angkutnya itu.

Angkatan darat India total mengoperasikan 6 unit heli tipe ini. Empat Mi-17 1V milik Pasukan Keamanan Perbatasan di-grounded pada tahun 2012. Helikopter kelima dihentikan penggunaannya pada bulan Januari tahun lalu dan helikopter yang terakhir di-grounded pada bulan lalu. Saat ini, semua helikopter tersebut memerlukan overhaul total.


Jika proyek milik angkatan Darat India ini berhasil, Angkatan Udara India juga rencanaya akan menyusul untuk mengoveraul empat skuadron Mi-17 1V milik mereka. AU India sendiri memiliki 12 pesawat helikopter yang hampir semuanya sekarang sedang mati suri. Saat ini, Angkatan Udara India mengharapkan untuk dapat mencapai kesepakatan dengan perusahaan pembuat helikopter tersebut untuk dapat membuka fasilitas overhaul di India.

Baca Juga:  Israel Borong Sistem Pertahanan "Trophy" Untuk Melindungi Tank Merkava

India sendiri adalah konsumen terbesar helikopter buatan Rusia. Selain Mi-17 1V mereka juga memiliki banyak heli Mi-15 5v. Khusus yang versi 5V mereka bahkan sudah mendapat fasilitas ToT dan bengkel khusus di negaranya. Kabarnya beberapa 1V akan dikonversi menjadi 5v.

“Mi-17 1V tidak dapat harus selalu dikirim ke Rusia. Karena tidak praktis untuk membangun fasilitas servis di India untuk 1V, maka pada akhirnya helikopter tersebut akan dihapus,” kata seorang pejabat, yang menambahkan bahwa depot perbaikan pangkalan untuk overhaul Mi-17 V5 akan didirikan di Kanpur.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan