Hong-20 Pesawat Siluman Baru China Akan Diresmikan

China membuka proyek pembuatan pesawat pbom siluman generasi baru, yaitu Hong-20, pesawat ini akan segera melakukan menjalani uji terbang perdana, demikian dilansir Global Times Tiongkok yang melaporkan kemarin (10/10).

Rencananya, pesawat ini akan resmi diumumkan pada acara Zhuhai Air pada bulan depan meskipun belum ada konfirmasi mengenai hal ini. Sementara rincian pesawat belum diketahui, namun pesawat tersebut kemungkinan memiliki jangkauan yang lebih jauh daripada pesawat stealth yang sudah ada yang tengah menjalani pengujian atau dalam kedinasan Angkatan Udara Tiongkok.

Pembom stealth baru ini akan melengkapi pesawat tempur stealth Shenyang J-31 yang pertama kali diterbangkan secara publik pada tahun 2016 dan pesawat tempur stealth kursi tunggal, multirole, Chengdu J-20 yang diproduksi oleh Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG).

Stasiun televisi resmi Tiongkok mengkonfirmasi nama pembom itu pada hari Selasa (09/10). Sebelumnya China Central Television telah menyiarkan dalam sebuah film dokumenter pada bulan Agustus bahwa “pengembangan
pembom strategis jarak jauh baru, Hong-20, telah mencapai kemajuan besar.”

Ini adalah pertama kalinya nama “Hong-20” muncul secara resmi. “Hong” adalah karakter pertama hongzhaji, “pesawat pembom” dalam bahasa Tiongkok.

Pembom Tiongkok Hong-20 telah dikembangkan di Shanghai Aircraft Design and Research Institute sejak 2008, koran Rusia Rossiyskaya Gazeta sebelumnya melaporkan.

“Generasi baru pembom dapat membawa lebih banyak bom daripada pembom H-6K sebelumnya, memiliki keunggulan dari fitur stealth dan mampu menyerang sasaran dari jarak jauh (standoff),” kata seorang ahli militer Song Zhongping dalam wawancara sebelumnya dengan Global Times pada bulan April.

Baca Juga:  Sistem Rudal Patriot MIM-104 Amerika Laris Manis di Eropa, Rusia Sewot

Hong-20 dapat meningkatkan kemampuan pasukan udara defensif dan ofensif dan “memungkinkan angkatan bersenjata Tiongkok untuk memiliki deterrent nuklir dan konvensional yang lebih kuat,” kata Song.

Sumber : defenseworld.net, defense-aerospace.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan