Incar Kontrak 100 Pesawat Gripen, SAAB Swedia Gandeng Perusahaan India

Diberitakan Oleh Economic Times (12/9/2019) Perusahaan Raksasa Pertahanan asal Swedia SAAB dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan Perusahaan asal India, pertemuan ini bertujuan untuk berkolaborasi dalam upaya untuk memenangkan mega tender AU India yaitu memasok 110 unit pesawat tempur multiperan/Multirole Fighter Aircraft (MRFA).

Pada bulan April 2018 lalu AU India secara resmi mengeluarkan tender atau Request Of Information (RFI) 110 unit pesawat tempur bernilai miliaran dollar. Sebagai Informasi tender MRFA ini merupakan kelanjutan dari tender 126 unit Multirole Combat Aircraft (MRCA) yang mana pada tahap pertama sudah dimenangkan oleh Perusahaan Prancis Dassault yang bakal memasok 36 unit jet Dassault Rafale


Tidak butuh waktu lama bagi SAAB untuk menanggapi pengumuman Tender AU India ini karena pada bulan Juli 2018 SAAB secara resmi menawarkan Gripen E untuk berkompetisi di MRFA AU India. Gripen E adalah pesawat tempur varian terbaru yang dikeluarkan oleh SAAB, pesawat yang sudah dilengkapi dengan radar AESA Selex ES 05 Raven ini baru saja memenangkan tender di AU Brazil.


Dibawah program “Make In India” Pemerintah India menggariskan bahwa dalam setiap pembelian Alutsista pihak Peserta Tender diwajibkan untuk menggandeng Industri Pertahanan India sebagai bentuk komitmen Transfer Of Technology (TOT). diharapkan Siapapun yang menang dalam tender ini diwajibkan untuk bisa membuat di India.

Baca Juga:  Panggil Dubes AS, Menlu Retno Marsudi Beri Dukungan Buat Palestina di Bali Democracy Forum (BDF) Ke-10.

Pada tender ini SAAB harus mendapat perlawan dari seluruh pabrikan jet tempur di dunia seperti Lockheed Martin dengan F 16V, Boeing dengan F 18E/F Super Hornet, Mig dengan Mig 35, dan Sukhoi dengan Su 35.

Sumber: world defense

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan