India Akan Pasangkan Rafale dan Sukhoi Su-30MKI Sebagai Pesawat Tempur Garis Depan

Angkatan Udara India berencana akan memangkalkan jet-jet tempur Rafale yang dalam proses pembelian di Perancis di wilayah Hasimara, dekat dengan perbatasan.

Di Hasimara sendiri saat ini sudah ada satu skadron jet tempur Su-30MKI, dan penambahan satu skadron Rafale pertama ini menandakan begitu tegasnya niat India untuk menjaga wilayah perbatasannya.

India hendak mengamankan garis perbatasan LoC (Line of Control) yang memisahkan negaranya dengan tetangganya di Utara. Hasimara sendiri terletak di DIstrik Alipurduar, 128 kilometer dari Siliguri dekat dengan perbatasan India dengan Bhutan.


Awalnya Angkatan Udara India memangkalkan jet tempur MiG-27ML Bahadur di Hasimara yang merupakan jet tempur serang darat, namun jet tempur itu pensiun pada akhir 2017 dan digantikan dengan Su-30MKI.

AU India juga melaksanakan penyempurnaan pada pangkalan Hasimara dengan memperpanjang landasannya menjadi 3.000 meter dan membangun hangar baru untuk perawatan dan penyiapan jet tempur. Dengan begitu, diharapkan bahwa kesiapan tempur AU India pun akan maksimal.


Sumber: UC News (Aryo Nugroho) / Defense World

Baca Juga:  Amerika Serikat Tes Rudal Pencegat Antar Benua GMD

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan