India Beli 11% Saham Ladang Minyak Vankor Rusia Senilai 930 Juta Dollar

foo: Sputnik/ Ramil Sitdikov

Kabinet India akhirnya menyetujui langkah ONGC Videsh Limited / OVL (Pertamina-nya India) untuk membeli 11% saham dari Ladang Minyak Vankor Rusia yang dikelola Vankorneft. OVL akan membayar senilai $930 juta dollar untuk 11% saham tersebut.

“Akuisisi saham di Vankorneft akan memberikan 3,2 Juta Metrik Ton Setara Minyak (MMTOE) ke OVL pada 2017. Hal ini juga akan memberikan kesempatan untuk perusahaan Minyak dan Gas sektor publik India untuk menguasai teknologi baru dari Rosneft,” demikian sebuah pernyataan yang dirilis oleh pemerintah India.

Pekan lalu, pemerintah India telah menyetujui aksi pembelian oleh Konsorsium India terdiri dari Oil India Limited, Indian Oil Corporation Limited dan Bharat PetroResources untuk membeli 23,9% Vankorneft dengan biaya USD 2,02 miliar. Sebelumnya pada bulan Mei 2016, OVL telah menyelesaikan mengakuisisi 15% saham Vankorneft dengan biaya USD 1,2 Milyar. Dengan tambahan 11% saham sekarang ini, berarti 49,9 persen saham Vankorneft akan dimiliki oleh perusahaan asal India.

Vankor adalah tambang minyak terbesar kedua di Rusia yang menyumbang 4% dari total produksi minyak bumi Rusia. Tambang minyak ini dalam sehari mampu menghasilkan 421.000 ribu barel minyak mentah.


 

 


 

Baca Juga:  Swedia Borong Rudal Patriot Amerika Senilai 1 Milyar Dollar

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan