India Beli Lisensi Tank MBT T-90 Senilai 44 Trilliun Dari Rusia

Kebijakan India untuk mandiri alutsista harus diacungi empat jempol sekaligus bagaimana tidak melalui kebijakan Make In India hampir semua pembelian senjata oleh militer India harus dibarengi dengan alih teknologi yaitu harus dibuat di India dengan komponen lokal India. Salah satu alutsista yang terkena kebijakan ini adalah tank tempur T 90 asal Rusia.

Diberitakan Defense News (27/11/2019) India dilaporkan harus merogoh kocek yang sangat dalam total sekitar 3,12 Milliar USD atau sekitar Rp 44 Triliun untuk membeli lisensi sekitar 464 unit tank tempur T 90 dari perusahaan Uralvagonzavod Rusia.

Dari jumlah tersebut dapat dirinci sekitar 1,2 Milliar USD untuk membeli lisensi dari Uralvagonzavod dan Rosoboronexport dan sekitar 1,92 Milliar USD untuk membayar perusahaan Nasional Ordnance Factory Board (OFB) yang akan memproduksi 464 unit tank T 90 yang telah dilisensi.

Menurut Pejabat Kemenhan India yang tidak disebutkan namanya walaupun uang yang dikeluarkan sangat besar dan cenderung kemahalan namun transaksi ini dapat meningkatkan komponen lokal yang terkandung di tank T 90 dari 40% menjadi sekitar 80%. Ini harga sebuah Kemandirian yang harus ditebus!

Menurut CEO dari OFB Saurabh Kumar “kami tidak bisa hingga 100% menggunakan komponen lokal untuk tank T 90 masih ada beberapa komponen yang memang harus diimpor dari luar seperti mesin dan sistem transmisi sedangkan komponen yang bisa dibuat di India antara lain night sights, thermal imaging fire-control systems dan explosive reactive armor .

Baca Juga:  Letjen Edy Rahmayadi Ajukan Pensiun Dini Sebagai Pangkostrad

Sebagai informasi di India T 90 akan dibuat di Pabrik OFB yang terletak di Avadi, dalam pembuatan T 90 OFB akan bertindak sebagai kontraktor utama (main contractor) sedangkan sekitar selusin industri lainnya akan menjadi sub kontraktor yang akan menyuplai berbagai komponen tank T 90. Tidak heran apabila kebijakan Make In India mencapai dua tujuan yaitu kemandirian alutsista dan kemandirian secara ekonomi.

Sumber:

World Defense Zone

https://www.defensenews.com/land/2019/11/26/india-pays-russia-12-billion-in-technology-transfer-fees-for-t-90s-tanks/

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan