India Berhasil Uji Coba Rudal Jarak Jauh Nirbhay

India dilaporkan berhasil meluncurkan rudal jelajah buatanya, Nirbhay, kemarin (21/12) dari Integrated Test Range(ITR) di Chandipur di laut lepas pantai Odish.

Menurut harian Excelsior, rudal Nirbhay mampu menjangkau sasaran sejauh 1000 km. Ditembakkan sekitar pukul 11.56 dari kompleks peluncuran 3 Integrated test Range di Chandipur.

Narasumber mengatakan setelah diluncurkan dari landasan peluncuran, rudal dua-tahap Nirbhay membuat lintasan (trajectory) yang unik pada perjalanannya menuju sasaran. Rudal tersebut terbang sangat rendah terhadap daratan, menjadikan Nirbhay sulit dideteksi oleh radar musuh. Mampu membawa muatan hulu ledak majemuk (multiple), rudal tersebut dapat menghancurkan beberapa sasaran dalam sekali penerbangan.

Rudal terbang mengitari area sasaran selama beberapa menit dan kemudian mengenai sasaran dengan ketepatan tinggi pada waktu yang tepat, kata sumber-sumber pertahanan.


Senjata mematikan ini dapat diluncurkan dari berbagai jenis platform, mulai dari truk didarat hingga kapal, dari udara dan bahkan dari kapal selam, kata sumber-sumber ITR.


(TSM/defenseworld.net)

Baca Juga:  197 Tentara Libya Tewas Karena Ranjau Darat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan