India Borong 3.000 Rudal Anti Tank Milan 2T

Angkatan Darat India berencana untuk membeli lebih dari 3.000 rudal anti-tank Milan 2T. “Sebuah proposal AD India mengenai hal ini akan muncul untuk dibahas pada pertemuan tingkat tinggi Kementerian Pertahanan untuk membeli lebih dari 3.000 ATGM Milan 2T generasi kedua yang merupakan lisensi yang diproduksi oleh Bharat Dynamics Limited (BDL) India dalam kemitraan dengan perusahaan Perancis,” kata narasumber di Kementerian Pertahanan India mengatakan kepada ANI.

Angkatan Darat India memiliki kebutuhan sekitar 70.000 rudal anti-tank (ATGM) dari berbagai jenis dan sekitar 850 peluncur dari berbagai jenis bahkan mereka sedang mencari ATGM generasi ketiga dengan jangkauan yang lebih jauh dari ATGM Milan-2T dan Konkurs yang ada. Narasumber mengatakan pengadaan ATGM Milan 2T
kemungkinan akan menjadi stopgap sebelum AD India mendapatkan ATGM generasi ketiga buatan sendiri yang kini sedang menjalani uji coba.

MILAN 2, yang mulai dioperasikan tentara Prancis, Jerman, dan Inggris pada tahun 1984, menggunakan hulu
ledak HEAT 115 mm yang ditingkatkan. Varian MILAN-2T hulu ledak utama shaped charge tunggal, dengan hulu
ledak shaped charge yang lebih kecil di ujung probe untuk meledakkan reactive armor. Memasuki kedinasan AD
India pada tahun 1993, ATGM ini diproduksi di India oleh Bharat Dynamics Limited (BDL). DRDO, sejauh ini, telah melakukan dua uji coba yang sukses dari ATGM man-portable ini.

Baca Juga:  Amerika Masih Jadi Pemborong Senjata Terbesar Di Dunia

Selama masa pemerintahan NDA, beberapa program untuk memperoleh sistem senjata dari vendor asing telah dibatalkan demi program senjata dalam negeri India. India tahun lalu membatalkan program untuk membeli ATGM
Spike dari Israel untuk mengutamakan pemngembangan senjata serupa buatan dalam negeri.


Pada 2017, pertemuan Dewan Akuisisi Pertahanan India yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan saat itu Arun
Jaitley lebih memilih rudal permukaan-ke-udara Akash buatan India daripada rudal dari vendor Israel dan Swedia untuk kebutuhan program rudal permukaan-ke-udara jarak pendek (SR-SAM) India.

Sumber : armyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan