India Borong 400 Tank T-90 Rusia Senilai 2 Milyar Dolar

T-90 versi MII. Foto: defenseworld

Pemerintah India  menyetujui proposal kementrian pertahanan senilai lebih dari 13.448 Crore (US $ 2 miliar) untuk pengadaan lebih dari 400 tank kelas berat  T-90 buatan Rusia.

Tank T-90 tersebut aka  dirakit di India sebagaimana kebijakan Make in India pemerintahan Modi. Tank tersebut, setelah kesepakatan dengan Rusia, akan diproduksi di Ordnance Factory Board di India.

Akuisisi tank T-90 adalah jawaban India untuk memperingatkan dua negara tetangganya Pakistan dan China soal kemampuan India. Selama ini india hanya mengandalkan tank kelas MBT Arjun buatan dalam negeri yang dinilai masih kalah dari MBT dua musuhnya.


Tank MBT  yang akan dibeli India akan memiliki thermal imaging night vision camera bersama dengan sejumlah perangkat countermeasure lainnya, menurut Financial Express. Oleh karenanya T-90 baru ini akan memiliki kemungkinan lebih kecil dapat tertembak oleh musuh.


T-90 akan menjadi kekuatan pengganda untuk Angkatan Darat India. T-90 baru akan menggantikan armada tank T-72, kata Brigadier (Purn) Gurmeet Kanwal, anggota kehormatam Lembaga Studi dan Analisis Pertahanan (Institute for Defence Studies and Analyses – IDSA). Tank T-90 upgrade tersebut juga memiliki kemampuan tempur malam.

Manoj Joshi, anggota kehormatan Observer Research Foundation (ORF) menjelaskan, setiap negara membutuhkan kendaraan lapis baja untuk penetrasi jauh ke dalam wilayah musuh, tetapi mengingat Pakistan memperkuat senjata nuklirnya, pilihan tersebut menjadi tidak memungkinkan.

Baca Juga:  Amerika Ingin Kirim Kapal Perang USS Zumwalt Untuk Menekan Kim Jong Un

“Namun, India harus mengembangkan armada lapis bajanya, mengingat Pakistan melakukannya juga. Jadi akuisisi untuk tambahan armada T-90 menjadi masuk akal,” kata Joshi.

T-90 yang diupgrade tersebut juga dilengkapi dengan sistem perlindungan diri, memungkinkan tank untuk menggagalkan rudal anti-tank yang diarahkan kepadanya. (defenseworld)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan